07 Sep 2020, 20:55Penyakit Lainnya

Edukasi seks apa saja yang dibutuhkan pengantin baru?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, saya dan suami adalah pasangan pengantin baru berusia 23 tahun. Karena dari dulu kami minim info mengenai edukasi seks, kami jadi sering kesulitan saat ingin berhubungan. Kenapa ya dok saya selalu merasa sakit saat penetrasi
2917 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Menjadi pasangan yang baru menikah tentu membawa perubahan besar bagi kehidupan. Yang terbiasa hidup sendiri, kini menjadi berdua dan harus melakukan adaptasi terhadap pola makan, pola tidur, dan hal-hal lain yang sebaiknya dibagi bersama pasangan. Lalu, yang terbiasa hidup dengan orangtua, kini harus belajar melakukan segala sesuatu secara mandiri.

Tips Malam Pertama

Satu hal yang wajarnya belum pernah dilakukan, dan baru akan terjadi pertama kali saat menikah, adalah hubungan seks. Oleh karena itu, edukasi terkait hal-hal mengenai malam pertama wajib diketahui. Berikut beberapa di antaranya:

1. Nyeri saat malam pertama

Penetrasi (memasukkan penis ke vagina) tidak selalu terasa nyeri, tergantung elastisitas vagina. Apabila muncul rasa nyeri, bisa lakukan foreplay lebih lama agar vagina menghasilkan pelumas alami. Atau, dapat menggunakan pelumas yang dijual di swalayan atau apotek.

2. Darah selaput dara

Saat penetrasi malam pertama, selaput dara tidak selalu robek, lagi-lagi tergantung elastisitas selaput dara tersebut. Karena normalnya, selaput dara memang sudah memiliki lubang, yang bisa robek semakin besar ataupun tetap berukuran sama.

3. Ukuran penis menentukan kepuasan

Menurut sebuah studi, ukuran penis bukan satu-satunya faktor yang menentukan kepuasan. Durasi serta hal-hal lain yang dilakukan saat berhubungan juga dapat meningkatkan rasa puas wanita. Oleh karena itu, diskusikan kepada pasangan apa yang disukai dan tidak.Selain ketiga hal di atas, usahakan untuk melakukan perawatan diri seperti mencukur bulu-bulu halus pada tubuh, menggunakan parfum, dan menjaga kebersihan. Persiapkan juga kamar tidur dengan sprei yang bersih, serta bisa mengharumkan ruangan dengan essential oil. Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada dokter, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hubungan seksmasalah seksualseks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil