09 Nov 2021, 21:02Kandungan

Bisakah hamil ketika berhubungan saat haid?

LD
Info Penanya: LD0
Permisi dok, saya ada 2 pertanyaan mohon di jawab ? 1. Pada saat haid dan melakukan hubungan suami istri tetap hamil? Melakukanya saat hari ke 5 haid (baru 1 hari setelah melakukan) 2. Apa saja yg menyebabkan proses kehamilan saat itu terganggu?
95 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, LTerima kasih atas pertanyaannya.Saat haid maka tubuh akan mengalami perubahan termasuk pada organ reproduksi.  Leher rahim yang terbuka, pH vagina yang berubah, perubahan suasana hati, hingga badan yang terasa sakit.  Ketika haid lalu melakukan hubungan intim maka ada beberapa dampak yang perlu diperhatikan.  

Efek berhubungan saat haid :

  • Kehamilan dapat terjadi ketika wanita mengalami ovulasi dini atau jarak ovulasi pendek.  Sperma yang masuk ke rahim bertahan kurang lebih sekitar 7 hari sehingga saat haid selesai dan sudah terjadi pelepasan sel telur maka sperma yang hidup di rahim dapat membuahi sel telur ini.  
  • Menimbulkan iritasi serviks akibat saat haid serviks terbuka dan lebih sensitif sehingga dapat menimbulkan perdarahan.  
  • Menimbulkan risiko penularan karena pH vagina yang berubah saat haid dan serviks yang terbuka sehingga saat ada benda asing dapat menyebarkan kuman
Jadi berhubungan tanpa pengaman saat haid tetap dapat berpotensi kehamilan.  Proses kehamilan itu sendiri dapat berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lainnya.  Kehamilan yang terganggu misal seperti kehamilan ektopik atau kehamilan anggur dapat terjadi ketika memang ada faktor seperti kelainan genetik, kromosom, ataupun kerusakan pada saluran tuba.  Untuk itu anda dapat membawa istri untuk lakukan testpack dan USG dengan dokter spesialis kandungan saat mengalami telat haid di siklus berikutnya guna memastikan terjadinya kehamilan.  Anda dapat membaca beberapa forum terkait berhubungan saat haid seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualkehamilantes kehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil