Dyslexia adalah kondisi berbahaya bagi anak benarkah?

SL Info Penanya: SL
Dok, apakah betul dyslexia adalah kondisi dimana anak-anak sulit membaca dan menghafal sesuatu? Apa sudah pasti anak-anak yang lama berkembang itu mengidap dyslexia? Apakah ini penyakit yang berbahaya untuk anak-anak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Disleksia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan belajar dalam kemampuan menulis dan membaca. Kondisi disleksia ini tidak berpengaruh dengan kpintaran seseorang. Seseorang dengen disleksia membutuhkan bimbingan khusus untuk mebantu menulis dan membaca agar tidak kesulitan dimasa mendatang seperti saat sekolah ataubahkan saat bekerja.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari disleksia, namun beberapa faktor risiko terjadinya disleksia adalah lahir prematur, efek samping dari konsumsi obat obatan tertentu saat masa kehamilan, adanya riwayat keluarg adengan disleksia, adanya gangguan perkembangan otak akibat adanya infeksi saat kehamilan dan lain sebagainya. Gejala yang  muncul dari disleksia ini umumnya sulit dikenali hingga anak memasuki usia sekolah saat memulai belajar menulis dan membaca. 

Beberapa ciri yang sering muncul pada anak dengan disleksia diantarnya adalah:

  • Memiliki keterlambatan berbicara dan sulit memahami kosa kata baru
  • Memiliki kesulitan dalam menyusun kata, mengengingat nama
  • Memiliki kemampuan membaca dibawah kemampuan normal pada anak denagn usia yang sama
  • Memiliki masalah dalam mengingat hal hal kecil
  • Kesulitan ketika harus mengeja
  • Anak menghindar ketika dihadapkan dengan aktifitas yang berkaitan dengan membaca
  • Kesulitan dalam menulis
  • Kesulitan mempeajari bahasa asing
  • Kesulitan dalam pelajaran matematika

Untuk dapat mengetahuinya, sebaiknya segera periksakan ke psikolog terdekat. Karena, semakin cepat diketahui maka semakin cepat kita memebrikan perlakuan khusus dalam metode belajar anak. Sehingga anak tidak mencapai kesulitan yang berlebihan. Yang dikhawatirkan dari disleksia adalah anak tidak bisa bergaul dan atau mengikuti pelajaran disekolah, serta mempengaruhi pembelajaran dan pemahaman anak.

Usahakan Anak tetap mau mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi dengan baik, serta pastikan kebutuhan cairan harian anak terpenuhi.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut kembung pada anak banyak penyebabnya

Penyebab Perut Kembung pada Anak dan Cara Mengobatinya

Perut kembung pada anak perlu diatasi sesuai penyebabnya. Beberapa cara untuk menghilangkan kembung antara lain dengan memijat perut, menempelkan kompres hangat, dan menghindari makanan ber-gas.