Dua bulan tidak menstruasi, apa penyebabnya?

YA Info Penanya: YA
pagi dok saya mau bertanya,tidak menstruasi selama dua bulan,itu penyebabnya apa ya dok ??thx๐Ÿ˜Š
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YA

Tidak menstruasi selama 2 bulan kemungkinan paling besar adalah kehamilan. Terutama pada wanita usia reproduksi. Namun selain kehamilan juga ada beberapa klinis yang bisa mengakibatkan menstruasi tidak hadir. Mulai dari gangguan hormon hingga kondisi klinis lainnya.

Salah satu penyebabnya adalah stres karena mempengaruhi perubahan hormon dan organ hipotalamus yang menghasilkan hormon pengatur siklus menstruasi. Bisa juga akibat kelelahan karena kurangnya lemak pada tubuh. Begitu pula jika terlalu kurus mengakibatkan produksi estrogen kurang atau kegemukan dimana produksi estrogen berlebihan. Kedua kondisi ini sama-sama bisa membuat menstruasi terlambat atau bahkan berhenti sama sekali.

PCOS (polycystic ovary syndrome) adalah kondisi dimana tubuh menghasilkan lebih banyak hormon laki-laki atau androgen. Sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon sehingga masa ovulasi dan menstruasi tidak menentu.

Gangguan kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif. Karena hormon tiroid mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan termasuk produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi.

Sebaiknya anda diskusi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk memeriksa organ kandungan anda dengan lebih detil. Saya lampirkan artikel mengenai Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.