18 Feb 2019, 10:21Penyakit Lainnya

Dua belas cara mengatasi anak susah makan

SM
Info Penanya: SM, Pria, 33 Tahun
Dokter, kekhawatiran saya adalah anak sangat sulit untuk makan, hanya mau minum susu bubuk saja. Anak saya saat ini berusia 2 tahun dengan berat badan 11 kg. Terima kasih.
12991 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Bapak SM,Sebenarnya anak pada usia 2 tahun sudah bisa mengonsumsi jenis makanan yang sama dengan orang dewasa. Panduan untuk menghitung berat badan anak usia 2 tahun adalah sama dengan 4x Berat badan anak saat lahir. Bila beratnya telah mencukupi maka ini adalah patokan bahwa kebutuhan gizi untuk pertumbuhan anak tercukupi.Berikut beberapa langkah dan tips yang dapat Bapak ikuti untuk mengatasi anak yang sulit makan.
  • Tentukan waktu makan anak, sehingga anak tidak makan diluar waktu makan keluarga yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Rutinitas ini harus diikuti setiap hari sehingga anak menjadi terbiasa dengan waktu untuk makan.
  • Sebelum waktu makan, tidak disarankan memberikan biskuit susu, es krim dan makanan manis lain yang akan menyebabkan anak merasa kenyang sehingga anak tidak tertarik lagi untuk makan saat waktu makan tiba.
  • Mulai umur 1 tahun adalah umur peralihan dari makanan cair ke makanan padat, sebaiknya jangan langsung diberikan makanan padat, tapi berikan dulu makanan yang lembek yaitu konsistensi antara cair dan padat.
  • Kurangi pemberian susu formula, karena susu menyebabkan anak menjadi kenyang dan tidak berselera makan. Untuk umur satu tahun, berikan susu formula 3 kali sehari sebanyak 180cc setiap kali minum.
  • Perkenalkan makanan dengan berbagai macam rasa, sehingga anak tidak bosan
  • Pertama kali berikan dulu makanan dalam porsi kecil, sebagai perkenalan. Dan tetaplah sabar untuk memberikan makanan kepada anak.
  • Sebaiknya tidak memarahi anak, dan tidak menunjukan sikap memusuhi anak karena akan menimbulkan trauma dan saat makan menjadi saat yang tidak menarik bagi anak.
  • Ciptakan suasana makan yang menarik, ajak kakak, ayah atau saudara dan teman yang kebetulan berkunjung untuk makan bersama. Hal ini akan membangkitkan minat anak untuk menantikan saat makan bersama
  • Berusaha untuk membuat menu yang kreatif dan menarik untuk anak, dan cari tahu makanan kesukaan anak.
  • Orang tua harus mengikuti pola makan dan menu makan yang sehat dan seimbang, karena anak adalah peniru yang sangat ahli, anak akan meniru apa yang dilihat dan dari orang terdekat di rumah.
  • Sebaiknya hindari jajan karena tidak baik untuk kesehatan dan kebersihannya tidak terjamin.
  • Sekali waktu boleh ajak anak dan keluarga makan bersama di restoran favorit keluarga karena selain sebagai hiburan, anak akan diberi kesempatan mengeksplorasi menu dan jenis makanan yang berbeda.
Yang terpenting adalah kesabaran Ibu dalam memperkenalkan makanan kepada si kecil. Salam Sehat
mengatasi anak susah makantumbuh kembang anakperkembangan anaknafsu makan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil