Apa saja jenis cedera pada penis?

D Info Penanya: D
Permisi dok, izin bertanya. Kemarin waktu voli kemaluan saya kena smash trus sekarang rasanya nyeri gitu. Dak keluar cairan gitu. Serta waktu kencing rasanya nyeri juga dok. Trus solusinya bagaimana dok. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Cedera pada penis merupakan suatu kondisi yang sangat tidak nyaman. Cedera ini bisa karena faktor ketidaksengajaan (benturan benda keras) atau bisa juga karena sengaja (pertengkaran). Jenis-jenis kegawatdaruratan penis memerlukan penanganan lebih lanjut agar fungsi penis dapat berjalan dengan baik. 

Pada umumnya, penis memiliki dua fungsi utama yaitu untuk buang air kecil dan reproduksi. Untuk itu, kedua fungsi tersebut harus dijaga. Jika ada masalah pada salah satunya, maka harus segera diobati.

Ada beberapa jenis cedera pada penis, yaitu:

  • Fraktur penis (penis patah).
  • Amputasi penis.
  • Luka tembus.
  • Cedera jaringan lunak penis.

Trauma penis yang Anda alami ini termasuk kondisi yang gawat darurat karena menyebabkan nyeri saat buang air kecil. Untuk mengatasi rasa nyerinya, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang aman yaitu paracetamol atau ibuprofen. Lalu, saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi lebih lanjut agar dapat ditangani dengan tepat sebelum terjadi komplikasi yang lain. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Senam kegel untuk pria mudah dilakukan

Apakah Senam Kegel untuk Pria Perlu Dicoba?

Senam kegel sering dikaitkan dengan wanita. Namun belum banyak yang tahu bahwa senam kegel juga bisa dilakukan oleh pria. Manfaatnya dipercaya bisa memperkuat kendali kandung kemih contohnya setelah menjalani operasi prostat. Namun senam ini tidak bermanfaat untuk semua orang