Efek samping obat pereda nyeri dalam jangka panjang

DA Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
Perkenalkan sya denisa, saya mau menanyakam tentang dosis obat yg kelebihan, jadi ibu saya itu sakit syaraf kejepit dan udh bbrpa kali kembali kontrol dan fisioterapi. Untuk obat setiap kontrol di naikin dosis nyakarna memang tdk mempan, dan untuk kali ini dosis nya membuat ibu saya merasakan sakit dibagian perut yg amat sangat hebat, sampai susah muntuk menerima makanan, slalu sakit. Saran nya bagaimana y dok? Apa ibu sya harus ke rs lgi untuk ke dokter yg biasa atau kedokter penyakit dalam?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Obat nyeri atau analgetik merupakan kelompok obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul dari dalam tubuh. Banyak obat nyeri yang sering kita temui di pasaran yaitu seperti  paracetamol, obat antiinflamasi nonstreoid (NSAID), kortikosteroid, dan opiod. Obat-obatan tersebut jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan memiliki dampak seperti sakit perut akibat luka pada lambung dan naiknya asam lambung, gangguan tidur, gangguan penglihatan, tekanan darah yang meningkat, dan nafsu makan yang meningkat. 

Dalam penyakit saraf kejepit, biasanya dokter akan memberikan obat anti nyeri dan obat-obatan tersebut akan dikonsumsi dalam jangka panjang. Efek samping dari obat nyeri tersebut yang membuat ibu Anda merasa kesakitan di bagian perut. Kemungkinan karena lambungnya sudah mengalami iritasi. 

Untuk itu, saya sarankan agar obat-obatannya diberhentikan dahulu. Lalu, segera periksa ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa langsung dan diobati dengan tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan abaikan sakit perut sebelah kanan, segera ke dokter bila terasa mengganggu dan muncul berulang kali

Alami Sakit Perut Sebelah Kanan? Bisa Jadi Kanker Kolorektal

Sakit perut sebelah kanan atau kiri dianggap sepele, tetapi sebenarnya sakit perut bisa menjadi indikasi dari kemunculan kanker kolorektal. Tidak hanya sakit perut sebelah kanan, gejala kanker kolorektal lainnya dapat berupa pusing, anemia, masalah pencernaan, dan sebagainya.