Apa syarat pendonor?

RA Info Penanya: RA, Pria, 24 Tahun
Maaf dok. Mau tanya. Kalo mau jadi calon pendonor organ prosedurnya bagaimana ya dok? Apa harus medical check up juga sebelumnya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Donor organ merupakan tindakan yang sangat mulia, karena tentunya akan membantu orang yang sedang membutuhkan dan ada harapan untuk kembali sehat atau setidaknya membaik.

Namun bila Anda berniat untuk menjadi pendonor maka ada beberapa pemeriksaan yang sebelumnya perlu dijalani untuk menjamin kesehatan Anda.

Syarat-syarat pendonor (misal Anda ingin mendonorkan organ ginjal) biasanya meliputi:

  • Usia Anda masih dalam batas 18-60 tahun.
  • Berat badan masih dalam rentang ideal.
  • Tidak merokok.
  • Tidak ada penyakit menular sebelumnya seperti hepatitis B, HIV, dll yang akan dikonfirmasi melalui hasil pemeriksaan laboratorium.
  • Menjalani pemeriksaan darah, rekam jantung, dan foto rontgen.
  • Tes urin.

Namun selain donor organ, Anda juga bisa melakukan donor darah atau donor sperma yang tentunya tidak berbahaya bila dibanding dengan donor organ seperti ginjal, kornea mata, dll.

Anda bisa melakukan donor darah rutin setiap 3-4 bulan sekali untuk meregenerasi sel darah merah Anda, sehingga badan bisa terasa lebih bugar dan sehat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RA
10 May 2020, 18:18
Untuk mendaftar sebagai calon pendonor bagaimana cara nya dok? Apa ada lembaga resmi yang mengurus tentang donor organ? Saya cari cari di internet cuman ketemu informasi tentang donor mata, bagaimana jika saya ingin mendonorkan organ lainya yang bisa di donor kan? Terimakasih :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
11 May 2020, 08:19
Selamat pagi RA,
Organ apa yang hendak Anda donorkan? Anda bisa mencari infonya di Rumat Sakit Rujukan Nasional. Karena proses donor hanya bisa dilakukan di daerah-daerah tertentu saja.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah seseorang ditentukan dari gen orangtua mereka

Harus Tahu, Ini Cara Mengetahui Golongan Darah Anda

Cara mengetahui golongan darah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui ujung jari. Pengecekannya bisa melalui klinik ataupun rumah sakit.