Donor darah saat berpuasa apa risikonya?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hai dokter, saya sering dengar jawaban yang rancu nih dari teman-teman. Sebenarnya, bolehkah kita melakukan transfusi darah saat berpuasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tubuh kita memproduski darah setiap hari. Tetapi setelah melakukan donor darah, tubuh kita membutuhkan waktu selama 8 minggu untk menggantukan darah yang didonorkan tersebut. Sehingga batas maksimal dilakukan donor adalah sebanyak 6 kali dalam setahun/ Namun, sebaiknya donor darah dilakukan selama 4 kali dalam setahun. hal ini tentunya setelah dipastikan Anda memenuhi syarat untuk melakukan donor darah.

Donor darah boleh dilakukan saat Anda sedang berpuasa, namun ada beberapa risiko saat dilakukan donor darah saat berpuasa, seperti pingsan. Saat kita berpuasa tubuh mengalami dehidrasi dan juga tidak bisa mengonsumsi makanan. Sehingga, tubuh menggunakan cadangan makanan sebagai energi. Cadangan makanan tersebut biasanya tersimpan dalam bentuk glikogen dalam sel otot dan hati. Kadar gula darah yang terlalu rendah dalam tubuh dikhawatirkan tidak mampu untuk mendukung kebutuhan tubuh.

Adapun tips yang bisa dilakukan jika Anda donor darah pada saat berpuasa, pastikan anda mengonsumsi makanan  yang bergizi dan mengonsumsi cairan yang mencukupi setidaknya 4 jam sebelum melakukan donor darah. Setelah dan sebelum donor darah sebaiknya mengonsumsi cairan sebanyak 500ml. Selain itu beberapa hari sebelumnya konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, daging ayam, ikan, produk olah susu, dan biji-bijian. Selain itu juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buah.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari

3 Langkah Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.