Donor darah ketika sedang mengkonsumsi collagen minum, apakah diperbolehkan?

H Info Penanya: H, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya apakah boleh donor darah ketika sedang mengkonsumsi produk collagen minum ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, H

Terima kasih atas pertanyaannya.

Donor darah adalah perbuatan yang sangat mulia karena ikut membantu orang lain yang membutuhkan. Prosedurnya juga sangat sederhana dan hampir semua orang diperbolehkan. Darah yang terkumpul juga akan diproses oleh PMI menjadi beberapa produk darah karena darah itu sendiri ada banyak komponennya. Ada beberapa donor darah yang ditolak oleh PMI seperti kondisi donornya, tidak boleh saat tekanan darah tinggi, tidak boleh bila kadar Hemoglobin terlalu tinggi serta kondisi yang sedang tidak fit. Sedang sakit atau belum makan misalnya, karena dapat membuat lemas setelah donor darah.

Darah yang akan diproses akan diperiksa untuk infeksi terutama yang menular melalui transfusi darah seperti HIV, Hepatitis B atau C serta kelainan darah seperti Hb yang tinggi atau anemia, gula darah tinggi, atau kelainan darah seperti leukemia (kanker darah). Kollagen itu sendiri sifatnya suplemen dan cukup aman. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Eklampsia bisa menimbulkan kejang selama kehamilan, karena adanya gangguan aktivitas otak

Kenali Faktor Risiko dan Gejala Eklampsia Selama Kehamilan

Eklampsia adalah kondisi gawat darurat pada kehamilan yang jarang terjadi, tapi sangat fatal bila tidak mendapatkan penanganan segera. Kejang yang disebabkan oleh eklampsia terjadi karena adanya gangguan aktivitas otak yang berakibat pada kehilangan kesadaran, gemetar, hingga kejang pada ibu hamil.