Keluar bercak darah flek saat menggunakan pil KB, apakah normal?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 1 Tahun
Hai Dok.. saya mau tanya .. sudah 3 th lebih saya pake alar kontrasepsi kondom kemudian beralih ke Pil.. 12 hari pemakaian keluar bercak darah/ flek.. apakah itu.. berbahaya kah ..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Pil KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang kerap kali digunakan untuk pasangan suami istri yang berencana menunda kehamilan. Cara mengonsumsi pil KB harus sesuai dan tidak boleh terlewat karena jika terlewat maka keefektifan dari pil KB akan berkurang.  

Berikut adalah jenis pil KB dan cara mengonsumsinya:

  • Pil KB Kombinasi 21 hari
    Konsumsi pil setiap hari selama 21 hari berturut-turut namun tidak harus pada jam yang sama setiap harinya, pada saat menstruasi di minggu ke 4 tidak perlu mengonsumsi pil KB. Kemudian pada minggu ke 5 memulai dengan pil KB kembali
  • Pil KB Kombinasi 28 hari
    Mengonsumsi pil KB ini sama dengan pil KB 21 hari, namun terjadi selama 28 hari, dan terdapat 1 pil plasebo (tidak mengandung hormon) untuk dikonsumsi pada hari terakhir.
  • Pil KB progestin
    Konsumsi pil setiap hari pada waktu yang sama setiap hari, jika terlambat maksimal keterlambatan adalah 3 jam dari jadwal rutin. 

Terkait dengan keluhan Anda, munculnya flek atau bercak saat mengonsumsi pil KB wajar terjadi karena adanya perubahan hormonal. Hal ini dikarenakan pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi hormonal. Namun bila sebelumnya dilakukan hubungan seksual, alangkah baiknya lakukan tes kehamilan untuk membedakan kemungkinan flek karena adanya perdarahan implantasi (perdarahan pada awal kehamilan). 

Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan bila siklus haid menjadi tidak teratur, atau adanya masalah pada kesehatan organ reproduksi. Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi, dan jaga kebersihan area kewanitaan untuk membantu menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.