Apakah gigi susu atau gigi tetap yang mau dicabut?

NK Info Penanya: NK
Dok saya berumur 10 tahun ini gigi saya mau dicabut karena goyang tapi saya gak tau ini gigi susu atau permanen?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NK,

Gigi susu adalah gigi yang tumbuh saat bayi dan mulai tanggal saat memasuki usia 6-12 tahun. Jika saat ini baru 10 tahun, bisa coba tanyakan pada orang tuanya apakah gigi yang sama pernah copot atau tanggal sebelumnya. 

Kalau saat ini ada gigi goyang, bisa jangan dipegang atau digoyang-goyangkan lebih kuat ya. Bisa makan-makanan yang lembut, sikat gigi 2 kali sehari saat pagi hari dan menjelang tidur, jangan banyak makan-makanan atau minuman manis.

Bisa juga minta orang tuanya mengantar untuk diperiksakan pada dokter gigi, jadi nantinya bisa tau gigi yang goyang apakah gigi bungsu atau gigi tetap. Nantinya oleh dokter gigi juga bisa dilakukan beberapa perawatan seperti:

  • Dibersihkan giginya jika ada karang gigi
  • Dilakukan pemeriksaan rontgen jika diperlukan
  • Bisa juga dilakukan pencabutan gigi jika gigi tidak lagi bisa dipertahankan

Jadi tidak perlu takut ya kalau nanti orang tuanya mengajak ke dokter gigi, supaya giginya cepat bisa ditangani supaya jangan sampai menimbulkan sakit gigi. Minta juga pada orang tuanya untuk mengantar periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali supaya kesehatan gigi terjaga dan gigi bisa sehat sampai tua nantin ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur tambal gigi patah

Pertolongan Pertama dan Prosedur Tambal Gigi Patah yang Aman

Tambal gigi patah adalah salah satu prosedur yang dapat dilakukan untuk menangani gigi patah. Gigi yang patah biasanya terjadi saat berolahraga dan terjatuh.