Belum haid setelah adanya riwayat berhubungan, apakah hamil ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 38 Tahun
Dok saya mau tanya saya bulan mei dapat haid tanggal 26 lancarx dari 26 sampai 29 tetapi saya mengitungx selama 7 hari dan berakhir ditanggal 1 juni.tepat tanggal 16 juni saya berhubungan badan dan smpai dengan hari ini sya belum haid juga untuk bulan juni apakah saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, C.

Keadaan belum haid pada waktu siklus haid yang biasanya dialami bisa terjadi karena berbagai kondisi medis dan faktor-faktor pemicu yang salah satunya berupa kehamilan. Adapun faktor-faktor lain yang umumnya berhubungan dengan keadaan hormon pegatur siklus haid yang tidak seimbang.

Berbagai faktor tersebut antara lainnya ialah :

  • status gizi yang kegemukan atau terlalu kurus
  • sangat kurang berolah raga atau terlalu berlebih 
  • kelelahan
  • pola makan yang tidak sehat dan mengalami gangguan 
  • stres, kecemasan dan kondisi emosional tidak stabil lainnya
  • penggunaan obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti PCOS, penyakit tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keluhan yang Anda alami, ada baiknya untuk melakukan test pack agar dapat lebih mengarahakn faktor penyebab atau kondisi medis yang mendasarinya betul merupakan kehamilan atau bukan. Anda dapat melakukan test pack saat ini dan seminggu kemudian agar lebih akurat. 

Apabila hasilnya negatif, maka mungkin penyebab dari haid Anda yang belum juga datang disebabkan oleh salah satu faktor diatas. Untuk sementara menunggu pemeriksaan test pack, ada baiknya Anda menjaga pola makan dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau, menghindari makanan mentah dan tinggi kandungan pengawetnya.

Jika haid tidak kunjung dapat selama dua siklus kedepan, periksakanlah pada dokter Kandungan secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak

Mengenal Cara Mengatasi Darah Haid yang Keluar Terlalu Banyak Menurut Medis

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak atau menorrhagia bisa menggunakan pil KB, obat penambah hormon, prosedur kuret, dan histerektomi.