Apakah sperma yang menempel pada kain dan dipegang oleh tangan bisa menyebabkan kehamilan?

T Info Penanya: T
jadi saya ejakulasi dok dan saya lapkan kekain, kemudian ada yang mengambil untuk dicuci sekitar setengah jam kemudian. yang saya takutkan ketika ada yang memegang kain tersebut perempuan dan dia pipis kemudian tangannya digunakan untuk cebok. apakah ada resiko hamil disitu dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sperma adalah salah satu jenis sel yang memiliki peran penting untuk terjadinya kehamilan. Satu sel sperma dapat menyebabkan kehamilan selagi sel sperma tersebut masih hidup. Sel sperma terdapat dalam cairan mani pria. 

Sperma memiliki daya tahan hidup yang cukup lama tergantung dimana sperma tersebut berada. Pada rahim, sperma dapat bertahan hidup selama 5 hari. Sedangkan pada permukaan benda yang kering, sperma akan mati seiring mengeringnya cairan mani. Jika terkena air panas, maka sperma hanya bertahan hidup dalam beberapa detik saja. Sedangkan jika berada dalam suhu ruangan, sperma dapat hidup hanya beberapa menit saja. 

Terkait dengan pertanyaan Anda ini, kemungkinan untuk terjadi kehamilan tidak ada. Alasannya adalah karena pada saat kain tersebut dicuci, bisa saja air maninya sudah kering sehingga sperma pun sudah mati. Jadi, pada saat dipegang, sperma dan cairan maninya tidak akan terbawa oleh tangan yang digunakan untuk cebok. Kecuali jika kain tersebut langsung diusapkan ke vagina, maka masih ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan walaupun kemungkinannya kecil. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina lecet dapat terjadi setelah melahirkan

Vagina Lecet Dapat Membuat Aktivitas Terganggu, Apa Penyebabnya?

Vagina lecet dapat terjadi karena banyak hal, namun umumnya hal ini terjadi setelah mencukur rambut di area kemaluan, berhubungan intim, dan juga melahirkan.