28 Sep 2021, 16:09Kandungan

Berhubungan saat haid apakah bisa hamil?

NV
Info Penanya: NV, Wanita0
Dok...apakah berhubungan dlm masa haid bisa hamil gk...sy haid pertama tgl 20 september bergubungan masuk ke dlm sperma nya lalu tgl 22 dan 23 jg berhubungan sex masukin jg sperma ke dalam apakah kemungkinan sy bisa hamil kh dok
106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat sore, NV.Kehamilan adalah pertemuan sel telur yang sudah siap dibuahi sperma di dalam rahim. Biasanya kehamilan akan terjadi saat seorang wanita melakukan hubungan seksual pada saat masa subur. Untuk mengetahui kapan masa subur seorang wanita, ada baiknya dapat mengenal fase yang ada selama siklus menstruasi.

Fase pada siklus menstruasi :

  • Fase menstruasi. Dimana terjadi keluarnya darah lewat vagina diakibatkan karena luruhnya dinding rahim yang menebal sebagai tempat tertanamnya janin. Biasanya fase ini berlamgsung 3-7 hari.
  • Fase folikuler. Fase pematangan sel telur, biasanya berlangsung selama 16 hari.
  • Fase ovulasi. Inilah yang disebut masa subur pada wanita, karena sel telur siap dibuahi. Terjadi 2 minggu sebelum hari pertama haid berikutnya dan hanya bertahan 1 hari.
  • Fase luteal. Penebalan dinding rahim yang siap menjadi tempat tertanamnya sel telur yang dibuahi sperma. Bila tidak terjadi kehamilan fase inilah yang dikenal dengan PMS.
Setelah memahami fase pada siklus menstruasi maka kemungkinan tidak terjadi kehamilan bila melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terkait masalah kehamilan maupun kandungan. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
siklus haidhamilmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil