05 Jan 2021, 13:04Penyakit Lainnya

Kenapa keluar bercak darah setelah berhubungan intim ?

R
Info Penanya: R0
Dok mau bertanya, kenapa setelah berhubungan intim ada bercak darah, sebelumnya saya haid kira-kira udah 2 hari selesai lalu saya hubungan intim aneh nya sebelumnya tidak terjadi apa-apa kenapa sekarang terjadi pendaharan sedikit seperti menggumpal? Mohon bantuannya dok
168 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Hubungan intim adalah salah satu cara memuaskan hasrat seksual bagi pasangan suami istri. Hubungan seksual yang baik, akan menciptakan kebahagiaan, keharmonisan, keintiman, dan baik dalam segi kesehatan. Hubungan seksual yang teratur dilakukan akan meningkatkan denyut jantung, memperlancar tekanan darah, dan menghilangkan stress.

Kenapa keluar bercak darah setelah berhubungan intim ?

Berhubungan intim dengan terjadinya penetrasi penis ke dalam vagina, dengan hubungan seksual yang cepat, dan keras, akan menyebabkan vagina lecet sehingga menimbulkan bercak darah serta perih saat berhubungan. Kondisi ini diperparah oleh penggunaan alat kotrasepsi hormonal yang membuat vagina menjadi kering, terlebih hubungan seksual tidak didahului oleh pemanasan terlebih dahulu. Selain itu ada beberapa kondisi yang menyebabkan vagina mengeluarkan bercak darah setelah berhubungan intim diantaranya gangguan hormon pasca menstruasi, gangguan hormon karen penggunaan alat kontrasepsi, pemakaian IUD yang bergeser, serta proses menstruasi yang belum selesai.

Cara mengatasi bercak darah setelah berhubungan intim ?

Cara mengatasi bercak darah setelah berhubungan intim yaitu dengan beristirahat baik tidak berhubungan seksual terlebih dahulu dan tidak mengangkat beban yang berat. Ganti alat kontrasepsi menjadi alat kontrasepsi yang tidak mengganggu siklus haid. Cek posisi IUD apakah bergeser atau tidak. Lakukan foreplay sebelum berhubungan intim.Jika keluar bercak darah setelah berhubungan intim terus dirasakan terlebih diikuti perut yang sangat sakit, darah yang berbau, nyeri saat berkemih, disertai badan menjadi demam. Segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasiflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil