13 Feb 2021, 08:05Pernapasan

Apakah tes darah dapat mendeteksi penyakit paru?

AA
Info Penanya: AA0
Assalamu'alaikum ... Pagi dok saya mau nanya apakah penyakit paru .... Bisa ketauan saat tes darah?
353 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, AATerima kasih atas pertanyaannya.Paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan manusia yang berfungsi membantu manusia untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.  Ketika ada gangguan pada paru-paru tentunya akan menganggu fungsi paru dan organ lainnya.

Beberapa penyakit yang menyerang paru :

  • Asma termasuk pada penyakit paru yang menyebabkan paru menjadi bengkak dan menyempit sehingga sulit untuk mengambil napas. Asma berkaitan dengan reaksi alergi akibat paparan. 
  • Pneumonia yaitu infeksi paru karena bakteri, virus ataupun jamur. Infeksi ini akan menyebabkan kantung udara paru meradang dan penuh dengan cairan sehingga aliran oksigen akan terganggu.  Kondisi ini akan ditandai dengan batuk berdarah,keringat dingin, demam yang tidak turun.
  • TB atau tuberkulosis merupakan penyakit paru akibat infeksi bakteri. Infeksi ini menular dan membutuhkan pengobatan jangka panjang.
Terkait yang anda tanyakan, tes darah hanya dilakukan untuk melihat apakah ada infeksi tetapi tidak spesifik menentukkan dimana letak infeksi.  Sehingga untuk menentukkan adanya gangguan di paru perlu dilakukan rontgen dada, spirometry, MRI dan CT-scan dada, swab tenggorokan serta biopsi paru.  Untuk itu, bila mengalami keluhan pada saluran pernapasan, riwayat merokok lama, obesitas, demam dan batuk lama, periksakan diri ke dokter spesialis paru untuk pemeriksaan lebih lanjut.Sementara ini, hindari merokok dan paparan asap rokok, perbanyak air putih, rajin mencuci tangan, pastikan sirkulasi udara baik dan bebas debu.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit paru-parutbcasmaradang paru-parupneumoniainfeksi paru-paru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil