Do I need to wear protective clothing, goggles and gloves when going out?

EW Info Penanya: EW, Pria, 22 Tahun
Do I need to wear protective clothing, goggles and gloves when going out?Now I have some factory resources to buy
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Good afternoon, Mr./Mrs.

Thankyou for your question to us. 

Let me answer your question in Bahasa, Sir. 

Saat ini, sedang mewabah penyakit COVID-19. Penyakit tersebut disebabkan karena infeksi virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China. Virus ini awalnya menular dari hewan ke manusia. Lalu, sekarang dari manusia ke manusia lewat percikan batuk, bersin, dan ludah dari orang yang terinfeksi. Jadi, dapat dikatakan bahwa penyebarannya begitu cepat.

Untuk mencegah agar Anda tidak tertular virus corona, Anda tidak perlu memakai alat pelindung diri (baju, sarung tangan, penutup kepala, dll). Cukup gunakan masker penutup mulut dan hidung saja ketika Anda bepergian keluar rumah atau ketika Anda sedang dalam kondisi sakit batuk, pilek, dan bersin. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan diri dengan cara rajin mencuci tangan, makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan imunitas, minum multivitamin, tidak bepergian dulu ke luar negeri, dan mengisolasikan diri di rumah (self quarantine). 

Dengan cara begitu, kemungkinan Anda terinfeksi virus corona sangat rendah. Jika Anda atau saudara Anda ada yang mengalami demam, batuk, pilek, dan sesak napas, silahkan lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Petugas medis dari rumah sakit akan ditunjuk untuk mengurus jenazah pasien corona.

Cara Mengurus Jenazah Pasien Corona, Mulai dari Memandikan hingga Menguburkan

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah menerbitkan ketentuan mengenai tata cara mengurus jenazah pasien corona, mulai dari memandikan hingga menguburkan jenazahnya. Seperti apa langkah-langkahnya?