Bagaimana cara menentukan asal usul keturunan anak?

PG Info Penanya: PG, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam dok.saya mau tanya, misalkan kita berhubungan badan setelah selesai haid 3 hari sama si A terus seminggu selesai haid berhubungan badan dgn si B terus berhubungan badan lagi sama si A di hari ke 10Samsung SM-A207 terakhir haid . kemudian si cewe hamil 1 bulan masih berhubungan badan sama si A sekali, hamil 2 bulan masih berhubungan badan sekali sama si A, lalu diusia kehamilan 5 bulan berhubungan badan sekali sama si A. kira2 bayi yg dikandung si cewe itu anak si A atau si B ? .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PG,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan terjadi ketika bertemunya sel telur dan sperma atau biasa di sebut dengan fertilisasi di dalam tubuh wanita. Untuk kasus yang Anda alami, saat kehamilan yang Anda alami tidak bisa di pastikan terjadi karena si A atau si B karena tidak dapat dipastikan kapan pembuahan terjadi.

Apabila Anda ingin mengetahui apakah janin tersebut adalah anak si A atau si B, Anda bisa melakukan tes DNA setelah bayi dilahirkan. Tes DNA bisa menentukan dengan akurat hubungan darah antara orang tua dan anak. 

Sebenarnya tes DNA bisa dilakukan saat janin masih dalam kandungan dengan cara amnionsintesis dan pengambilan jaringan khorion. Namun tes DNA yang dilakukan saat janin masih dalam kandungan memiliki resiko keguguran yang cukup tinggi sehingga jarang ada dokter yang mau melakukan tes DNA sebelum bayi dilahirkan, apalagi jika tujuannya untuk mengetahui hubungan darah.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips agar cepat hamil adalah dengan berhubungan seks saat masa subur

7 Tips Cepat Hamil bagi Anda yang Ingin Dapat Momongan

Agar cepat hamil, tips yang bisa Anda lakukan bersama pasangan adalah mengetahui masa subur, posisi seks yang tepat, hidup sehat, dan konsultasi dengan dokter.