24 Mar 2021, 10:23Penyakit Lainnya

Seberapa besar lubang pada selaput dara?

DA
Info Penanya: DA, Wanita, 1 Tahun
Permisi dok Saya ingin bertanya, bolongan selaput dara itu seberapa ya dok?? Makasih..
377 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, DATerima kasih atas pertanyaannya.Selaput dara adalah lapisan tipis yang terdapat pada liang vagina.  Lapisan ini tidak sepenuhnya menutupi liang vagina seperti yang dipercaya sebagai lambang keperawanan selama ini.  Karena pada selaput dara ini memiliki lubang sebagai tempat keluarnya darah menstruasi.   Selaput dara wanita dapat berbeda-beda.  Ada yang lebih besar ada yang lubang tidak hanya satu dan ada pula yang lubang tidak bulat.   

Beberapa jenis selaput dara wanita :

  • Selaput dara normal yang biasanya berbentuk seperti setengah bulan.
  • Selaput dara imperforate yaitu selaput dara yang menutup keseluruhan liang vagina. Ini merupakan kondisi yang tidak normal karena darah mens tidak dapat keluar sehingga penanganannya perlu dilakukan operasi kecil pada selaput dara.
  • Selaput dara mikroperforate yaitu ketika lubang pada selaput dara sangat kecil sehingga selaput hampir menutupi liang vagina. Penangannnya sama dengan operasi kecil.
  • Selaput dara septate ketika selaput dara yang memiliki lapisan di tengah sehingga tampak seperti selaput memiliki dua lubang.
Hal ini menjawab apa yang ditanyakan, tidak ada yang dapat dipastikan karena setiap wanita dapat berbeda-beda.  Untuk itu, jika anda ingin mengetahui selaput dara anda, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dalam pada vagina. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menstruasirobekan himen vaginakesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil