Bagaimana cara menghitung siklus menstruasi?

WW Info Penanya: WW
Dokter bulan 1 menstruasi di tanggal 15, bulan 2 ditanggal 11, bulan 3 di tanggal 6 dan bulan 4 ditanggal 1 tapi setelah itu sampai saat ini saya belum mens dokter saya ingin menanyakan dokter di tanggal berapakah saya akan menstruasi setelah di bulan 4 tanggal 1 yang lalu dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi adalah rentang waktu mulai dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Umumnya, siklus menstruasi normal terjadi setiap 28 hari sekali, meski ada pula yang setiap 21 sampai 35 hari

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, siklus menstruasi Anda cenderung tidak teratur. Beberapa cara untuk menghitung siklus menstruasi (lakukan selama beberapa bulan)

  • Catat tanggal mulai menstruasi
  • Catat selama berapa hari menstruasi berlangsung
  • Catat menstruasi bulan berikutnya
  • Hitung berapa hari jarak antara tanggal mulai menstruasi yang satu dengan berikutnya
  • Kemudian hitung maju dari mulainya menstruasi periode kedua sesuai hari siklus menstruasi

Jika hingga awal bulan depan Anda tidak kunjung menstruasi, kemungkinan Anda mengalami siklus yang memanjang, beberapa kondisi yang dapat menyebabkanya adalah kondisi hormonal tubuh yang tidak seimbang, pola makan/minum yang tidak sehat - terlalu banyak lemak tidak sehat dan gula berlebih, kurang sayur dan buah dan stress yang berlebih. Jika ini terus berlangsung memanjang, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan, untuk mencari tau penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Klorin kini tidak lagi digunakan dalam bahan produksi pembalut

Kupas Tuntas Klorin, Zat Kimia Berbahaya pada Pembalut

Klorin memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, namun zat ini sudah tidak lagi digunakan dalam produksi pembalut sejak 1990-an.