Dislokasi Panggul, apakah solusinya?

PL Info Penanya: PL, Pria
Pagi dok saya mau nanya ini dok seusai kecelakaan dari motor,tulang panggul saya keluar dari mangkoknya stlah saya melihat hasil dr rongsen,Sygnya saya tidak menunggu masukan dr dokter saat itu,jdi sy blm tau apa yg harus sy lakukan..Sudah ada 3 bulanan lebih smpai saat ini saya blm kuat untuk berjalan,Kalau berjalan sprti orang pincang,..Apakah kaki saya ini harus di operasi atau ada jalan lain ya dok.Ditunggu masukannya dok Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PL

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sendi panggul merupakan sebuah sendi dimana tulang femur (paha) bertemu pada tulang pelvis (acetabulum). Sendi juga diperkuat dengan beberapa ligamen serta otot-otot yang mendukung agar dapat dilakukan suatu pergerakan sendi, seperti untuk berjalan dan beraktivitas.

Dislokasi pada sendi panggul adalah suatu kondisi yang menyebabkan tulang femur (paha) terlepas dari tulang pelvis (acetabulum). Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal salah satunya adalah karena adanya teruma berupa benturan, kecelakaan dan kondisi medis lainnya.

Jika mengalami dislokasi sendi panggul dan sudah dibuktikan dengan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang (x-ray) maka sebaiknya memang dilakukan tindakan operasi untuk mengembalikan posisi sehingga bisa memaksimalkan fungsi dari sendi tersebut seperti sediakala.

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya segera konsultasikan diri Anda ke dokter spesialis ortopedi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan kembali dan dilakukan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Tindakan yang akan dilakukan nantinya, tergantung dari hasil pemeriksaan yang didapatkan.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah:

  • Usahakan jangan banyak berjalan / beraktivitas dengan sendi panggul karena dikhawatirkan akaan memperburuk kondisi sendi
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang
  • Cukupi kebutuhan cairan harian
  • Hindari stres dan kelelahan

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi vitamin tulang dapat mencegah terjadinya rakitis pada bayi dan anak

Vitamin Tulang untuk Anak Dapat Mencegah Rakitis

Rakitis adalah kondisi yang menyebabkan gangguan perkembangan tulang pada anak berusia enam bulan hingga tiga tahun. Pemenuhan vitamin D pada bayi dan anak dapat dilakukan untuk mencegah rakitis. Ada beberapa cara untuk memenuhi vitamin D misalnya berjemur di pagi hari, mengonsumsi makanan kaya vitamin D, dan suplemen vitamin tulang.