Apa itu dislokasi bahu?

FO Info Penanya: FO, Wanita, 18 Tahun
efek dari cedera bahu dan penanganannyq
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dislokasi bahu merupakan suatu kondisi dimana sendi bahu bergeser dari soket bahu sehingga mencuat keluar. Dislokasi bahu sangat rentan terjadi karena di persendian ini lengan mampu bergerak ke banyak arah dan sendi yang berbentuk bola melekat di kantong yang dangkal. Gejala dari dislokasi bahu adalah munculnya benjolan di bahu, memar atau bengkak, nyeri, dan ketidakmampuan menggerakan sendi. Penyebab terjadinya dislokasi sendi yang sering ditemui adalah cedera olahrga, trauma akibat suatu kejadian seperti kecelakaan motor, jatuh dari tangga dll. Untuk itu, apabila terjadi dislokasi bahu, harus segera ditangani.

Cara penanganan disklokasi bahu yaitu:
  • Reduksi tertutup.

Biasanya ini dilakukan oleh tenaga medis dengan cara memberikan obat bius dosis rendah atau obat penahan rasa sakit, lalu tulang lengan atas digeser secara perlahan kembali ke kantungnya.

  • Imobilisasi.

Dilakukan dengan menggunakan splint atau sling di bahu selama beberapa minggu agar meminimalisir pergerakan di sekitar sendi bahu.

  • Obat-obatan.

Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol dll. Bisa juga dengan melakukan kompres es di bahu agar mengurangi pembengkakan.

  • Rehabilitasi. 

Ini dilakukan setelah splint atau sling dilepaskan dengan tujuan untuk mengembalikan kekuatan dan stabilitas dari sendi bahu.

  • Operasi. 

Ini dilakukan jika terjadi kerusakan pada pembuluh darah atau otot di sekitar sendi bahu.

Untuk mengetahui terapi mana yang cocok untuk kasus dislokasi yang Anda alami, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ortopedi untuk dilakukan pemeriksaan fisik, rontgen, dll. Sehingga Anda memperoleh terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dislokasi bahu dan bahu lepas merupakan dua jenis cedera yang berbeda.

Jangan Tertukar, Kenali Perbedaan Dislokasi Bahu dan Bahu Lepas

Dislokasi bahu adalah kondisi tulang lengan atas keluar dari soket bahu. Sedangkan, cedera bahu lepas adalah keluarnya tulang selangka dari posisi akibat robeknya ligamen.