01 Apr 2021, 13:48Kulit & Kelamin

Jengger di vagina apa berbahaya?

AS
Info Penanya: AS0
Dok miss v saya seperti ada jengger tapi saya tidak merasakan apa apa seperti yang dokter jelaskan sebelumnya,jengger itu muncul ketika saya masih umur 10 tahunan,itu bagaimana ya dok?
446 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam AS,Vagina adalah organ sensitif pada wanita yang perlu dijaga kebersihannya. Adanya benjolan di vagina bisa disebabkan oleh banyak hal tergantung bagaimana bentuknya, di bagian kelamin mana munculnya benjolan tersebut, atau keluhan-keluhan lain yang menyertainya.

Perihal munculnya jengger ayam di vagina memang seringkali dikaitkan dengan adanya:

  • Kutil kelamin.
  • Moluscum contangiosum. Benjolan-benjolan kecil yang biasanya menyerang anak kecil akibat penularan virus Molluscum Contagiosum (MCV). Hal ini bisa menular bila kontak dengan lesinya atau menyentuh barang-barang penderitanya.
  • Labia yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi bila usia sudah lanjut atau terlalu sering melakukan masturbasi dengan melakukan perangsangan pada area labia vagina.
Berapa usia Anda saat ini? Bila keluhan sudah dirasakan sejak anak-anak maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kulit dan kelamin agar bisa segera ditangani dan tidak menimbulkan kecemasan.Sementara yang bisa Anda lakukan adalah jangan melakukan manipulasi atau mengoleskan minyak-minyak berbahaya atau bahan-bahan berbahaya yang dianggap dapat mengecilkan benjolannya. Jangan berganti-ganti pasangan seksual. Jaga kebersihan kelamin dan tidak bergantian menggunakan pakaian atau peralatan mandi. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter.Salam sehat,dr. Vina 
infeksi menular seksualkutil kelaminkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil