30 Dec 2020, 21:39Kulit & Kelamin

Keputihan seperti putih susu atau tisu dan gatal pada kemaluan apakah penyebabnya?

MF
Info Penanya: MF0
Dok, awalnya vagina saya keputihan dan gatal...saya ke dokter d kasih obat sembuh. Setelah itu saya menstruasi tapi tidak bau sama sekali, tidak seperti mens biasanya. Nah setelah mens, saya mengalami keputihan seperti tissue yg kena air plus gatal. Tadi saya masturbasi, waktu saya bersihkan ada bekas merah d tissue. Itu kenapa ya dok?
303 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang MFKeputihan merupakan hal yang terjadi pada setiap wanita usia produktif di dunia. Keputihan yang tidak berwarna dan tidak berbau merupakan hal normal yang terjadi sebelum atau setelah haid.

Penyebab Keputihan Berwarna Putih susu

Keputihan yang berwarna putih seperti susu atau tisu merupakan tanda memasuki periode masa subur, tetapi bila disertai dengan rasa gatal dan bau pada vagina yang terjadi pada saudari MF bisa merupakan adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur candida yang disebut dengan Candidiasis Vaginalis. Jamur candida merupakan flora normal pada organ intim yang bisa menginfeksi bila kebersihan organ intim tidak terjaga.Keadaan yang lembap dan hangat menyokong jamur untuk berkembang biak dan menyebabkan peradangan. Selain itu penggunaan produk pembersih kewanitaan dapat mengubah Ph keasaman sehingga mengganggu bakteri-bakteri baikuntuk mencegah pertumbuhan jamur.Adanya bekas merah pada tisu setelah menyeka vagina bisa karena adanya luka setelah melakukan masturbasi atau karena peradangan akibat infeksi yang menyebabkan pembuluh darah menipis. Darah juga bisa merupakan sisa darah haid yang belum bersih.Sebiaknya lakukan konsultasi ke dokter mengenai hal ini atau bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan kebidanan. Sementara itu jaga kebersihan organ intim, jangan biarkan lembap, dan tidak menggunakan celana yang ketat serta hindari penggunaan produk-produk kewanitaan atau air rendaman daun sirih.Semoga bermanfaat.
Salam sehat
dr. Pany CL
infeksi jamurmasa suburvagina gatalkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil