Apakah bisa terjadi kehamilan bila terlambat suntik KB?

LA Info Penanya: LA
Dok saya mau tanya??saya kan suntik KB 3bulanan.trs jatuh tempoh suntiknya tgl 25 Maret tapi saya tgl 27nya berhub intim trs tgl 30nya Bru suntik itu kemungkinan bisa hmil ka????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, L

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Untuk mendukung program KB yang diadakan pemerintah perlu digunakan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi yang sering digunakan salah satunya adalah suntik KB. Berdasarkan jenisnya, suntik KB ini terdiri dari 2 jenis, yaitu suntik KB 3 bulan dan suntik KB 1 bulan. Perbedaan pada kedua jenisnya adalah kandungan hormon di dalamnya. 

Kelebihan dari suntik KB yaitu bisa bertahan lama 8-13 minggu tergantung jenisnya, tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain atau menghitung masa subur saat akan melakukan hubungan seksual, tidak perlu mengonsumsi pil setiap hari dan lain sebagainya. Selain terdapat manfaat terdapat pula beberapa kekurangan dari suntik KB.

Adapun beberapa kekurangan tersebut adalah:

  • Siklus haid menjadi tidak lancar
  • Munculnya jerawat
  • Nafsu makan yang meningkat
  • Berat badan meningkat
  • Nyeri pada kepala, perut, dan atau rasa tidak nyaman pada payudara

Apabila suntik KB dilakukan secara rutin dan terjadwal, maka alat kontrasepsi ini sangat efektif yaitu 99% dapat mencegah terjadinya kehamilan. Namun, bila suntik KB dilakukan tidak sesuai jadwal atau sering terlewat, atau tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka peluang terjadinya kehamilan semakin besar.

Terkait dengan pertanyaan Anda, kondisi tersebut memungkinkan untuk terjadinya kehamilan. Sebaiknya lakukan tes kehamilan atau periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan USG bila sampai nantinya Anda mengalami keterlambatan haid.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB alami dapat menjadi pilihan bagi pasangan yang enggan memakai alat kontrasepsi

KB Alami yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kehamilan

KB alami adalah salah satu cara untuk mengendalikan kemungkinan kehamilan tanpa melibatkan alat kontrasepsi. Beberapa cara dapat dilakukan untuk menjalani KB alami.