Apa tanda-tanda kehamilan?

IW Info Penanya: IW, Wanita, 27 Tahun
Selamat sore dok.. Saya mau tanya hampir satu bulan lebih perut saya sakit terus dok sama kepala pusing... Sejak habis haid sampai sekarang.. Terus cepat kalau melakukan pekerjaan rumah... tapi saya tes pake tes peck hasilnya negatif dok... Kira kira itu tandanya hamil atau bukan ya dok tolong bantuannya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan proses bertemunya sel telur dan sel sperma di dalam saluran tuba falopi. Kehamilan dapat terjadi karena didukung oleh banyak faktor seperti masa subur wanita, kesehatan organ reproduksi wanita dan pria, nutrisi yang dikonsumsi, dll.

Tanda kehamilan

Ada beberapa tanda kehamilan yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  • Tidak menstruasi.
  • Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness).
  • Payudara mengalami perubahan.
  • Keluar flek-flek darah dari vagina.
  • Kram perut.
  • Keputihan.

Usia kehamilan akan dihitung dari hari terakhir Anda mengalami menstruasi. Itu dihitung sebagia minggu pertama usia kehamilan. Biasanya pada minggu pertama, akan muncul gejala kram perut dan flek-flek darah sebagai tanda implantasi janin ke rahim. Lalu, diikuti juga dengan tanda tidak menstruasi, mual, lemas, pusing, dan perubahan pada payudara.

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan testpack ulang di minggu depan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Lewat pemeriksaan testpack akan terlihat. Jika hasilnya masih negatif (garis satu), maka Anda tidak hamil. Bisa jadi gejala yang muncul ini akibat Anda kecapekan, stres, dan kurang istirahat. Jika hasilnya positif (garis dua), maka Anda hamil dan saya sarankan Anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan agar dilakukan USG. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes kehamilan perlu dilakukan pada trimester kedua, untuk mencegah adanya keguguran

7 Tes Kehamilan Trimester Kedua yang Penting Dilakukan

Sebaiknya ibu hamil memeriksakan kandungannya pada trimester kedua untuk mencegah gangguan kesehatan bayi. Tes ultrasound hingga tes glukosa dapat dilakukan oleh ibu hamil pada trimester kedua.