Disinfektan dan antiseptik, apa bedanya?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, belakangan ini disinfektan dan antiseptik sering diburu banyak orang untuk hindari corona. Sebenarnya bedanya apa sih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Virus corona adalah penyebab penyakit COVID-19 yang sedang menjadi pandemi pada masa sekarang ini. COVID-19 menjadi topik bahasan utama banyak negara di dunia, termasuk di negara kita, Indonesia. Hal ini disebabkan karena penyebarannya yang sangat cepat. Penyakit COVID-19 biasanya memiliki gejala di saluran pernapasan seperti batuk, pilek, dan sesak napas; kebanyakan juga disertai demam.

Cara terbaik untuk mencegah terinfeksi COVID-19 adalah mencuci tangan dengan sabun antiseptik di bawah air mengalir. Namun, apabila di tempat yang sedang dikunjungi tidak ada tempat mencuci tangan, antiseptik menjadi pilihan yang lebih praktis untuk membunuh mikroorganisme di sekitar kita, termasuk virus corona.

Antiseptik adalah gel atau cairan berbasis alkohol, yang mampu membunuh mikroorganisme di permukaan tubuh. Konsentrasi antiseptik yang disarankan WHO adalah minimal 60%. Antiseptik bekerja dengan cara menghancurkan lemak yang melapisi sel mikroorganisme. Atau, bisa juga dengan langsung menyerang bagian sitoplasma mikroorganisme.

Cara kerja tersebut juga dimiliki oleh disinfektan. Nah, bedanya, disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada permukaan benda mati. Konsentrasi bahan aktif pada disinfektan juga lebih tinggi daripada antiseptik.

 

Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat untuk Anda ya, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisakah uang kertas menyebarkan virus corona COVID-19

Benarkah Uang Kertas Bisa Sebarkan Virus Corona? Ini Penjelasannya

Bisakah uang kertas menyebarkan virus corona? Pertanyaan tersebut mungkin terbersit di benak Anda di tengah wabah virus corona COVID-19 yang melanda. Memang uang menjadi salah satu benda yang paling sering disentuh oleh banyak orang. Tetapi, kecil kemungkinan uang kertas bisa menularkan virus corona.