disebabkan oleh apa tenggorokan nyeri saat menelan ?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Kenapa ya tiba-tiba tenggorokan saya jika menelan manakan maupun menelan ludah saja terasa sakit dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hai R, selamat siang.

Terima kasih telah bertanya di SehatQ.

 

Penyebab tenggorokan terasa nyeri saat menelan seperti :

1. Menderita penyakit Faringitis (Radang tenggorokan)

Faringitis adalah kondisi dimana tenggorokan memerah dapat terlihat saat membuka mulut pada dinding tenggorokan. Dapat disebabkan oleh virus ( paling banyak sekitar 40 - 50 % ) biasanya akan sembuh sendiri dalam 3 - 5 hari dengan istirahat yang cukup dan menjaga pola makan, bakteri ( 5-40 % ) memerlukan antibiotik, jamur ( sangat jarang ), trauma dan iritasi. 

Ditandai dengan gejala : 

  • demam
  • Tenggorokan gatal
  • nyeri menelan
  • flu dan batuk ( khas pada virus )
  • nyeri kepala

2. Menderita Tonsilitis ( Radang pada tonsil/amandel )

Tonsilitis adalah kondisi dimana kelenjar tonsil ( amandel ) membesar/bengkak karena peradangan yang dapat disebabkan oleh virus ( dapat sembuh sendiri sama seperti faringitis ) maupun bakteri. Kelenjar tonsil merupakan pertahanan tubuh yang pertama melindungi tubuh dari kuman yang masuk melalui mulut sehingga sebagai respon terjadi infeksi, reaksi yang ditimbulkan adalah amandel yang membesar. Kelenjar tonsil yang membesar dapat terlihat di sisi kanan dan kiri belakang mulut yang ditengah terdapat anak liidah yang menggantung.

Ditandai dengan gejala :

  • demam
  • nyeri menelan
  • seperti ada yang mengganjal di tenggorokan
  • flu dan batuk
  • nyeri kepala
  • kadang terdapat mual 
  • pada infeksi bakteri dapat terlihat pada tonsil gambaran bercak putih jika penyakit sudah lama > 14 hari

Biasanya dicetuskan oleh daya tahan tubuh yang sedang menurun sehingga virus mapun bakteri yang mengkontaminasi makanan yang dimakan dapat menginfeksi tubuh dan sebagai jalan masuk pertama seperti tenggorokan dapat dengan mudah terinfeksi.  

Penanganan yang dapat dilakukan dirumah adalah :

1. meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup 8 jam sehari, konsumsi buah atau sayur yang kaya vitamin C (  jeruk, tomat, pepaya, brokoli ), dan hindari makanan dan minuman yang membuat daya tahan tubuh semakin turun seperti minuman yang terlalu dingin/panas, alkohol, kafein ( kopi, teh, soda ), gorengan, pedas, terlalu asam, terlalu manis yang dapat memperparah gejala.

2. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein ( telur, daging merah, susu ) agar mempercepat penyembuhan penyakit

3. Konsumsi makanan yang mudah ditelan seperti makanan yang lunak dan berkuah seperti bubur dan sup

4. Jika demam tinggi bisa diturunkan dengan mengkonsumsi air mineral 10 - 12 gelas atau setiap kali haus karena tubuh membutuhkan lebih banyak cairan ketika demam dan radang. Jika belum turun dapat minum obat pereda demam yang dijual bebas yang mengandung acetaminophen juga dapat sebagai anti nyeri.

Jika selama 3 hari belum ada perbaikan dan gejala semakin parah segera periksakan diri ke dokter umum untuk diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan antibiotik jika diperlukan.

Semoga membantu.

 

Salam sehat,

dr. Clara.

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab radang tenggorokan adalah infeksi virus streptococcus

Memahami Penyebab Radang Tenggorokan Sekaligus Gejala dan Cara Mengatasinya

Radang tenggorokan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita radang tenggorokan. Penyebab utama radang tenggorokan adalah infeksi bakteri streptococcus. Kondisi ini ditandai dengan sakit tenggorokan.