DInyatakan hamil, tapi test pack negatif, bagaimana penjelasannya ya?

TA Info Penanya: TA
Malam dok saya mau bertanya saya haid tgl 23 agustus slsai tgl 27 agustus siklus saya selama 33,34,35 hari sampai sekarang saya belum dapat haid dan tadi saya coba usg 2d dan dokter bilang ada penebalan dinding rahim namun ada tanda kehamilan sekitar 4minggu 3 hari dengan diameternya 0.51 , namun sebelum saya usg saya sempat test pack namun masih negatif. Bagaimna penjelasannya ya dok saya dinyatakan hamil atau tidak terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi TA.

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Test pack adalah uji kehamilan yang mendeteksi hormon β-HCG yaitu hormon yang dihasilkan oleh jaringan trofoblast janin (Sel telur yang telah dibuahi) atau jaringan yang menyerupai trofoblast tersebut. Test pack positif adalah salah satu tanda mungkin terjadinya kehamilan. Namun bisa saja test pack hasilnya positif-palsu, dalam kasus ini hormon β-HCG meningkat, namun tidak terjadi kehamilan atau tidak ditemukan janin, seperti pada kasus kehamilan anggur. Begitu pula kebalikannya. Bisa saja test pack negatif, tapi ada kehamilan, atau disebut hasil yang negatif-palsu

False negative atau negatif-palsu pada pemeriksaan test pack dapat terjadi karena beberapa hal yaitu:

  1. Pemeriksaan yang terlalu dini. Makin kecil usia kehamilan kadar hormon β-HCG yg dihasilkan tentu lebih rendah. Sehingga dapat dilakukan pengulangan pemeriksaan beberapa hari atau beberapa minggu kemudian untuk menunjukkan hasil yang lebih terpercaya. 
  2. Waktu pemeriksaan yang terlalu cepat. Tiap test pack biasanya menyantumkan waktu yang dibutuhkan masing masing alat untuk mendeteksi hormon dan memunculkan hasil positif atau negatif. Proses pemeriksaan yang terlalu singkat bisa juga menyebabkan false negative
  3. Kualitas alat test pack dan kadar β-HCG yg dpt diukur oleh alat tersebut. Masing2 alat test pack memiliki kemampuan mengukur kadar hormon β-HCG yg berbeda-beda sehingga memiliki akurasi yang beragam.

Karenanya, tes kehamilan harus ada pemeriksaan baku standar lain seperti USG. Namun Kadang USG perut bisa salah menilai suatu struktur yg dianggap kantung kehamilan intrauterin, apalagi bila kandung kemih tidak dalam kondisi penuh saat dilakukan usg, uterus posisinya retro (rahim posisi ke arah belakang) atau ibunya terlalu gemuk. Harus ada pemeriksaan baku standar lain yang digunakan yaitu pemeriksaan USG Transvaginal. Untuk konfirmasi kehamilan selain melakukan pemeriksaan usg transvaginal dapat pula dilakukan pemeriksaan β-HCG kuantitatif (tes darah) untuk memastikan perkiraan usia kehamilan. Atau dapat pula dilakukan USG perut bulan depan untuk melihat perkembangan jantung kantong janin. Apabila kantong janin tidak berkembang ada kemungkinan bukan kehamilan atau ada penyakit lain.

Saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan ulang ke dokter spesialis kandungan yang memeriksa Anda dan menyatakan hasil pemeriksaan testpack Anda ke dokter kandungan Anda tersebut, atau Anda dapat meminta second opinion ke dokter kandungan lain untuk keluhan yang Anda alami.

Apabila Anda mengalami kondisi seperti

  • keluar darah banyak dari jalan lahir
  • keluar darah flek dalam waktu lama
  • dirasakan mules mules hebat pada perut disertai perdarahan

Segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut ya. Berikut ada artikel yang dapat Anda baca mengenai tes kehamilan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.