Luka akibat tomcat, bagaimana sebaiknya?

QS Info Penanya: QS, Wanita, 17 Tahun
Selamat Pagi Dok, saya ingin bertanya. Seminggu yang lalu saya digigit Tomcat saat tidur, namun saya baru menyadarinya saat 3 hari yang lalu, Bekas gigitan Tomcat ini membentuk lingkaran dan sedikit melepuh, namun karena saya tidak tau, saya memecahkannya. Gejala yang saya alami adalah sedikit sesak nafas dan pusing. Apa Obat yang harus saya gunakan Dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Q

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tomcat adalah salah satu serangga yang berukuran kurang lebih 1 cm, memiliki kepala berwarna hitam dengan warna belang oranye pada badan dan memiliki sayap. Pada siang hari tomcat biasanya merayap seperti semut dan dimalam hari biasanya mencari area yang memiliki pencahayaan baik (terang).

Gigitan serangga dapat menyebabkan berbagai macam reaksi kulit bahkan menimbulkan reaksi lain yang berpengaruh dengan kondisi kesehatan seseorang. Hal ini tergantung dari jenis serangga dan toksin (racun) dari serangga tersebut. Sebenarnya, tomcat tidak menggigit manusia. Melainkan saat tomcat menempel / hinggap pada kulit manusia, hewan ini mengeluarkan toksin pada tubuh manusia. 

Gejala yang timbut ketika terkena toksin tomcat di antaranya adalah:

  • Kemerahan pada kulit disertai rasa panas terbakar
  • Gatal dan timbulnya alergi dan iritasi
  • Munculnya dermatitis venata (kondisi dimana terjadi peradangan kulit akibat dari racun yang dihasilkan oleh serangga)
  • Bila terjadi infeksi sekunder, akan muncul lepuhan berisi nanah

Umumnya kondisi ini bisa membaik dalam waktu beberapa hari dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk diberikan pengobatan yang sesuai.

Namun, jika keluhan yang muncul disertai dengan sesak napas, pusing, mual dan atau muntah, pembengkakan pada bibir atau bahkan mengalami penurunan kesadaran segeralah ke IGD terdekat karena kondisi ini bisa disebabkan adanya reaksi alergi pada tubuh. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab biduran kambuh antara lain udara dingin, infeksi, dan alergi makanan

Ini Penyebab Biduran Sering Kambuh dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab biduran sering kambuh ada beragam, mulai dari gigitan serangga, infeksi, udara dingin atau panas, hingga sinar matahari. Meski bisa sembuh sendiri, ada beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan.