Diet yang benar seperti apa ya?

YF Info Penanya: YF, Wanita, 21 Tahun
Hii dok untuk diet yang benar seperti apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Diet yang benar meliputi pembatasan kalori dari intake makanan yang sehat dan bergizi. Makanan perlu mengandung zat-zat makanan atau nutrisi yang cukup agar dapat melindungi tubuh dari banyak penyakit kronis seperti sakit jantung, diabetes dan kanker. Jadi Anda perlu asupan makanan bervariasi dan membatasi garam, gula dan lemak jenuh.

Kombinasi makanannya harus meliputi :

  • makanan pokok seperti sereal (gandum, beras)
  • Sayur dan buah-buahan
  • kacang-kacangan
  • Makanan dari hewan (daging, telur, susu dan ikan)

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber penting dari vitamin, mineral, serat, protein nabati dan antioksidan. Sehingga menurunkan resiko dari kegemukan, penyakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Makanan rendah lemak, karena lemak teteap penting sebagai sumber energi. Maka asupannya tidak boleh lebih dari 30% total sumber energi. Bila asupannya terlalu banyak terutama jenis lemak jenuh atau diproduksi secara industri, akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Lemak tak jenuh dari kedelai, minyak jagung, atau bunga matahari lebih baik dibandingkan yang berasal dari hewan dan santan.

Batasi juga gula dan makanan manis. Sebaiknya tidak lebih dari 10% sumber energi. Lebih baik buah-buahan segar dari camilan manis untuk mengurangi konsumsi gula. Begitu juga minuman bersoda, jus buah, sirup, susu dan yogurt.

Membatasi asupan garam untuk mencegah hipertensi dan mengurangi resiko sakit jantung dan stroke pada orang dewasa. Begitu juga penggunaan bumbu masakan yang asin dan tinggi garam juga dapat mengurangi asupan garam secara signifikan. Saya lampirkan pula artikel mengenai cara menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa untuk tambahan informasi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beras hitam organik baik untuk tubuh karena kaya akan antioksidan

Beras Hitam Organik, Benarkah Lebih Sehat Dari yang Biasa?

Beras hitam organik memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, benarkah yang organik pasti lebih baik dari yang non-organik? Mana yang sebaiknya Anda konsumsi?