Diet selama bulan puasa, apakah boleh ?

SF Info Penanya: SF
Hallo Dok, saya mau bertanya apakah boleh diet saat bulan puasa? Dan apakah benar diet air putih atau hanya mengonsumsi air putih saat diet dapat menurunkan berat badan Dok? Ada resikonya ga ya dok? Soalnya saya penderita Maag juga apakah akan berakibat pada maag saya saat saya melakukan diet air putih ini dok? Tolong jawabannya dok terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SF.

Diet adalah suatu metode pengaturan asupan makanan baik berupa pola maupun sumber makanan dengan tujuan tertentu. Secara keseluruhan diet bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan secara khusus, diet dapat bertujuan untuk menjaga berat badan ideal, menurunkan berat badan yang berlebih hingga menaikkan berat badan yang kurang.

Mengenai pertanyaan Anda tentang diet saat bulan puasa, dapat dilakukan dengan pengaturan menu dan pola makan yang telah direncanakan sebelumnya agar tidak mengganggu ibadah puasa yang sedang dijalankan.

Adapun tips nya yang meliputi, pemilihan menu rendah kalori yang dapat tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan saat puasa, tidak melewatkan sahur dan menghindari makanan tinggi gula dan lemak saat berbuka puasa. Anda juga dapat tetap melakukan olahraga, satu atau setengah jam sebelum berbuka puasa. Berikut saya lampirkan artikel pilihan menu diet saat puasa sebagai informasi yang lengkap untuk Anda.

Sedangkan mengenai diet air putih, kendati dianggap cukup aman dan dapat menurunkan berat badan namun, hanya dapat dilakukan selama maksimal 3 hari dengan catatan tidak adanya riwayat penyakit berat sebelumnya. Jika penyakit maag yang Anda derita tidak ringan, ada baiknya memilih metode diet lainnya untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya sebagai bumbu dapur, manfaat ketumbar juga baik bagi kesehatan tubuh

Tak Hanya untuk Bumbu Masakan, Ini Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, manfaat ketumbar bagi kesehatan adalah dapat mengurangi risiko kanker, redakan nyeri, hingga mendetoks racun dalam tubuh.