11 Feb 2021, 20:24Psikologi

Apakah memuntahkan makanan kembali penanda gangguan makan?

AP
Info Penanya: AP0
halo dok, jadi saya lagi jalani diet namun ada kebiasaan yang saya sendiri ga sadar lakuin dan ketauan sama sodara saya waktu lagi makan bareng. saya selalu check kalori yang saya makan dan suka banget melebihkan kalori biar saya stop makan misal kalori makanan itu (229) terus saya lebihkan jadi ke 400-500 terus suka muntahin makanan yang saya makan dan kadang2 suka bikin laper diri. saya juga selalu check berat badan saya dan ada penyesalan setelah makan. itu kenapa ya dok atau cuma mindset?
155 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, APTerima kasih atas pertanyaannya.Menjaga berat badan seimbang memang tidaklah mudah.  Ditambah dengan tekanan dan omongan dari orang terdekat dapat membuat seseorang menjadi tertekan yang malah terobsesi untuk menurunkan berat badan dengan cara yang salah.  Menurunkan berat badan yang benar adalah dengan tidak membuat diri menjadi lapar.  Pengaturan makan tidak hanya dengan perhitungan kalori, tetapi juga pemilihan asupan yang sesuai dan mengenyangkan sehingga tidak membuat lapar tetapi kalori terpenuhi.  Pengaturan pola makan tentu harus diimbangi dengan olahraga yang teratur setiap hari. Obesesi berlebihan untuk menurunkan berat badan dapat membuat seseorang mengalami gangguan makan atau eating disorderGangguan makan yang umum terjadi yaitu anoreksia dan bulimia.  Pada penderita anoreksia percaya bahwa tubuh mengalami kegemukan padahal kondisi tubuh sudah sangat kurus.  Sedangkan pada penderita bulimia, seseorang akan konsumsi makanan yang sangat banyak, lalu dikeluarkan dan dimuntahkan kembali. 

Gejala seseorang mengalami bulimia :

  • Percaya bahwa diri mengalami kegemukan.
  • Merasa cemas setiap menimbang berat badan.
  • Makan dengan porsi lebih banyak dalam sekali waktu makan.
  • Lalu menggunakan obat pencahar atau memuntahkan apa yang dimakan sebelumnya.
  • Sering mengalami sakit kepala dan sulit tidur.
Terkait yang anda tanyakan, kemungkinan anda mengalami gangguan makan.  Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan psikiater terkait kelainan makan yang anda alami agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan kedepannya.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat.dr. Farah
menurunkan berat badananorexiagangguan makanbulimia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil