Bagaimana cara menurunkan berat badan?

G Info Penanya: G
Malam dok, usia saya 22 tahun dengan berat badan 78kg dan tinggi badan seratus enam puluh lima cm. Saya ingin menurunkan berat badan, apakah mengkonsumsi obat diet seperti ibu dewi itu aman dok? Atau ada alternatif lainnya? Saya goldar O dan setiap hari minggu saya rutin olahraga. Namun berat badan saya tetap saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, G.

Memiliki berat badan ideal adalah keinginan semua orang, baik pria maupun wanita. Dengan berat badan yang ideal, seseorang akan semakin percaya diri karena penampilan yang lebih baik. Lalu, berat badan yang ideal juga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, dan kesehatan akan tetap optimal.

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak, Anda dapat menghitung indeks massa tubuh dengan rumus pada tautan ini. Jika dihitung, indeks massa tubuh Anda adalah 28.6, dimana termasuk kelebihan berat badan. 

Tetapi, untuk menurunkan berat badan, tidak disarankan melakukan cara-cara yang instan. Seseorang disarankan untuk menurunkan berat maksimal 1.5 kilogram per minggu, agar tidak naik kembali. Jadi, harus perlahan-lahan hingga mencapai berat ideal.

Beberapa pola hidup yang dapat Anda terapkan di rumah untuk menurunkan berat badan adalah:

  • Mengonsumsi sayuran yang cukup, minimal ada setengah piring sayur dalam tiap waktu makan
  • Minum air putih yang cukup
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalori namun rendah nutrisi, seperti junk food, keripik kentang, minuman dengan pemanis buatan, dan lain-lain
  • Rutin berolahraga dengan frekuensi 2-3 kali per minggu
  • Bergerak aktif sehari-hari
  • Mengendalikan tingkat stres, karena hormon stres dapat menghalangi penurunan berat badan

Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi apabila menginginkan program makan khusus untuk Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat sauna disebut hampir sama dengan berolahraga

Ingin Makin Sehat? Rasakan Manfaat Sauna, Sama Seperti Berolahraga!

Manfaat sauna disebut hampir sama dengan olahraga. Sauna dapat membuat aliran darah lancar, tekanan darah meningkat, hingga membuat persendian rileks. Lebih penting lagi, pikiran jadi lebih tenang.