30 Jun 2021, 14:26Penyakit Lainnya

Cara diet sehat dengan defisit kalori agar berhasil turunkan berat badan

E
Info Penanya: E0
Halo, selamat siang !! Dok, saya ingin bertanya mengenai diet.. Misalkan jika kita melakukan diet defisit kalori sebanyak 1200 kalori, lalu kita makan sebanyak 1200 kalori dan melakukan olahraga yang membakar kalori sebanyak 500 kkal. Apakah kita harus menambah asupan lagi sebanyak 500 kkal untuk mengganti kalori yang dibakar pada saat berolah raga agar asupan kalori harian kita tetap 1200 kalori atau tidak ?? Terima kasih sebelumnya..
367 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, E.Defisit kalori adalah cara yang dipilih seseorang dalam menurunkan berat badan dengan mengurangi jatah asupan kalori harian. Defisit kalori hendaknya tidak lebih dari 550 kalori karena defisit kalori yang berlebihan akan menurunkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Bagaimana cara diet sehat dengan defisit kalori ?

Sebelum melakukan diet sehat dengan defisit kalori, Anda harus menghitung kebutuhan kalori harian terlebih dahulu karena berbada di setiap orang tergantung usia, tingga badan, berat badan, jenis kelamin, aktifitas sehari-hari dan metabolisme tubuh.Beberapa patokan kebutuhan kalori harian orang dewasa yang dapat Anda gunakan antara lain :
  • Laki-laki 26-45 tahun dengan aktifitas normal sekitar 2.600 kal/hari. Namun jika aktifitas tinggi maka kebutuhan asupan kalori harian sekitar 2.800-3000 kal/hari.
  • Wanita 26-50 tahun dengan aktifitas normal sekitar 2.000 kal/hari. Jika aktitifitas tinggi sekitar 2.200 kal/hari.
Sebelum Anda memutuskan untuk defisit kalori hingga 1.200 kal/hari, Anda harus melihat berapa asupan kalori Anda dari patokan diatas dan kurangi sebanyak 500 kal/hari mendapatkan penurunan berat badan sekitar 0,45 kg. Jika Anda olahraga yang membakar kalori sebanyak 500 kkal, maka Anda termasuk aktifitas tinggi, jadi Anda tidak perlu menambah lagi asupan makan sebanyak 500 kal dari olahraga Anda.Jangan paksakan diri Anda diet terlalu ketat karena bukan kesehatan yang Anda dapatkan melainkan penyakit. Atur pola makan Anda, kurangi makanan minuman manis, ngemil, perbanyak konsumsi protein, minum air putih sesuai kebutuhan, perbanyak makan serat, kurangi konsumsi lemak dan karbohidrat serta konsultasi ke dokter spesialis gizi untuk pola diet yang sehat ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tips dietmakanan dietdiet sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil