Diet

S Info Penanya: S, Wanita, 19 Tahun
Dokter, apakah diet itu baik untuk dilakukan dan bagus untuk tubuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu S,

Perlu dipahami pengertian dari Diet itu sendiri. Diet adalah Pengaturan pola makan, yaitu mengatur Pola Makan supaya memperoleh tubuh yang sehat. Bukan Mengurangi porsi makan atau menahan lapar untuk mengurangi Berat Badan dan menjadi lebih kurus.

Saat melakukan  “diet ketat” dengan mengurangi makan secara berlebih dan menahan lapar, Berat Badan yang hilang dari tubuh adalah 50% lemak dan 50% otot. Hal ini terjadi karena lemak merupakan cadangan makanan tubuh yang akan tetap disimpan tubuh untuk bertahan hidup. Sehingga saat tubuh kelaparan, maka yang dipakai sebagai cadangan energi awal adalah otot baru diikuti dengan lemak. Jadi saat diet dihentikan, maka Berat Badan akan kembali dan terdiri dari 100 % Lemak, sedangkan otot harus dikembalikan dengan latihan dan olahraga  rutin.

Maka bila seseorang melakukan “Diet Yo Yo” yaitu menahan lapar misalnya dalam waktu 1 bulan, kemudian bulan berikutnya makan sepuasnya begitu seterusnya,  maka tidak heran bila bentuk tubuh menjadi “gembrot” tidak seperti yang diharapkan.

Para Ahli Gizi sedunia setuju bahwa untuk diet yang benar adalah Diet Seimbang atau Balance Diet, karena tubuh memerlukan beragam zat makanan untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik.

Prinsipnya adalah Jumlah energi yang masuk melalui makanan dan minuman harus sama dengan Jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas, untuk sehari.

Karena bila energi yang masuk lebih besar dari energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas, maka tubuh akan menyimpan sisa energi tersebut sebagai cadangan lemak dan lama kelamaan terjadi Kegemukan kemudian Obesitas.

Contoh Seorang Atlet memerlukan energi lebih banyak dari seorang dewasa yang bekerja di kantor.

Pengaturan Pola Makan dengan Diet Seimbang dan Gizi Seimbang, pedomannya adalah :

  • Tidak melewatkan sarapan pagi
  • Makan dengan porsi kecil dan sering
  • Cemilan sehat (buah segar dan sayur)
  • Gizi seimbang
  • Perlunya Variasi  jenis makanan
  • Pentingnya pola hidup bersih
  • Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga
  • Memantau Berat Badan ideal

Cara sederhana menghitung Berat Badan Ideal pada Orang dewasa yaitu :

  1. Pria : Tinggi Badan (dalam cm) – 100
  2. Wanita : Tinggi Badan (dalam cm) – 100 – 10%

Kelompok sumber makanan dalam Pedoman Gizi Seimbang terbagi Lima, yaitu:

  1. Sumber energi/tenaga (Karbohidrat) : Padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dan lain-lain sebesar 60 - 80 %
  2. Sumber zat pembangun (Protein) : ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom,susu kedelai. Komposisinya adalah 30 %
  3. Lemak sebanyak 10 %
  4. Sumber zat pengatur : sayur dan buah-buahan
  5. Air putih sampai 2 liter / hari

Pedoman Gizi Seimbang ini dikenal dengan nama Piramida Makanan yaitu  Menempatkan Karbohidrat di dasar piramida yang paling besar, di atasnya buah-buahan dan sayur-sayuran, semakin ke atas adalah protein nabati berupa tahu. tempe, kacang-kacangan, lebih sedikit dibutuhkan di bagian puncak adalah protein hewani, hingga yang paling sedikit dibutuhkan adalah makanan manis dan gorengan di bagian paling atas. Jadi 60-80 % kalori datang dari karbohidrat, 30 % dari protein, dan sisanya dari lemak

Jadi kesimpulannya, Diet yang baik yang dibutuhkan tubuh adalah diet sehat dan seimbang.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bubble tea ternyata bisa menyebabkan obesitas dan diabetes, jika diminum berlebihan.

Meski Menyegarkan, Konsumsi Bubble Tea Harus Dibatasi

Teh, susu, gula, dan bola-bola kecil (bubble) dari tapioka, bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Namun jika disajikan dalam bentuk bubble tea, khasiatnya tertutup banyaknya kalori, termasuk kandungan gula bubble tea. Oleh karena itu, meski menyegarkan, konsumsi bubble tea harus dibatasi.