Terkena cakaran tikus, apakah berbahaya?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 19 Tahun
Kalo tadi ditabrak tikus terus ada luka mungkin kena kuku tikus gitu ya tapi ga berdarah bahaya gak tadi tikusnya basah gitu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Hal yang perlu diwaspadai dari cakaran hewan adalah terinfeksi penyakit zoonosis yaitu penyakit infeksi yang ditularkan oleh gigitan atau cakaran hewan. Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan otak dan saraf bila tidak ditangani dengan baik. Namun Anda tidak perlu khawatir, tidak semua cakaran atau gigitan hewan menyebabkan penyakit tersebut, hal itu tergantung dari kekebalan tubuh dan derajat keparahan luka dari gigitan atau cakaran tikus.

Beberapa cara yang dapat dilakukan jika Anda mengalami cakaran atau gigitan tikus :

  • Membersihkan luka dibawah air mengalir kemudian dibersihkan dengan antiseptik (seperti alkohol atau iodine) selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.
  • Jika luka cukup besar sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter atau UGD terdekat untuk diperiksaan apakah memerlukan vaksin atau antibiotik lebih lanjut, karena tidak semua luka diberikan pengobatan tersebut, beberapa kriteria luka yang mendapatkan vaksin adalah luka yang dalam, kotor, luas atau banyak akan dipertimbangkan untuk pemberian antibiotik ataupun vaksin

Jika Anda mengalami gejala seperti pusing, mual, muntah, atau kejang, segera berkonsultasi dengan dokter atau UGD terdekat untuk penanganan lebih lanjut. 

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hantavirus adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh tikus

Hantavirus Mengintai di Tengah Pandemi Corona, Ini Faktanya

Hantavirus adalah penyakit baru yang muncul ditengah pandemi corona. Penyakit ini disebabkan oleh urine maupun kotoran yang dikeluarkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya.