18 Mar 2021, 17:21Psikologi

Apakah dibentak berdampak pada mental?

GA
Info Penanya: GA0
Dok, sejak kecil saya sering dibentak sma ortu.. Bahkan sampai saya beranjak dewasa seperti sekarang mlh tambah parah.. Padahal saya gak melakukan kesalahan fatal.. Jadi dampaknya saya menjadi pribadi yg pendiam dan susah bersosialisasi... Apakah bisa berpengaruh ke mental saya dok?
112 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, GATerima kasih atas pertanyaannya.Cara orangtua dalam mendidik anak-anaknya dapat berbeda-beda.  Ada yang dengan bahasa yang halus, tindakan yang lembut namun ada pula dengan bahasa yang tegas dan disiplin.  Keduanya tentu memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk anak untuk menjadi anak yang berbakti, membanggakan orang tua dan tidak melakukan hal yang dilarang. Apapun yang dilakukan orangtua tentu akan berdampak pada anak.  Dampak yang paling sering adalah anak menjadi tidak berani untuk terbuka terhadap orang tua karena takut salah atau takut diberi hukuman.  Semakin lama ini terjadi akan membuat anak memilih untuk diam dan menjauh agar tidak membuat suatu kesalahan.  Seiring dengan bertambahnya usia, pemikiran sudah lebih dewasa sehingga dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga seharusnya hal ini dijadikan sebagai motivasi diri untuk berkembang lebih baik.Terkait yang anda tanyakan, sebelum hal ini menganggu mental seharusnya sudah ada tindakan pencegahan dari diri sendiri sehingga tidak berdampak terhadap mental anda. 

Beberapa cara mencegah dan menjaga kesehatan mental :

  • Ikuti aktivitas yang aktif dan positif seperti kelembagaan siswa atau mahasiswa.
  • Hindari stres, cemas, dan istirahat cukup.
  • Mencoba berbicara dengan orangtua.Bisa dimulai dari ibu agar orang tua juga dapat mengerti apa yang dirasakan oleh anak.
  • Membantu orang tua, memberikan prestasi yang membanggakan, serta lebih sering berkumpul dengan keluarga untuk meningkatkan komunikasi.
  • Hindari menyendiri karena berisiko membuat pikiran menjadi negatif.
Bila hal ini membuat anda menjadi cemas berlebih, tidak ada salahnya konsultasi dengan psikiater untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
gangguan mentalkesehatan mentalgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil