Pembengkakan di bawah dagu, apa bisa sembuh sendiri ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 17 Tahun
Malam dok, mau tanya. Di bawah dagu saya agak bengkak sudah periksa dan dikasih obat tapi sudah hampir 2 minggu ini gak hilang. Bengkak nya gak terlalu besar, tidak sakit dan kalau dipegang lembut. Hanya saja didaerah leher sering pegal-pegal dan hari ini gigi saya nyeri. Bagaimana ya dok? Apa bisa sembuh sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Pembengkakan di bawah dagu atau yang juga sering disebut dengan benjolan merupakah keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor dan kondisi medis. Faktor-faktor dan kondisi medis yang mendasarinya dapat berupa keadaan yang ringan higga yang lebih serius. 

Beberapa diantaranya yang umumnya terjadi, ialah :

  • pembengkakan kelenjar getah bening, yang berupa respon sistem imun terhadap infeksi
  • kista, kantung berisi cairan
  • fibroma, cikal bakal tumor jinak
  • lipoma, benjolan jaringan lemak 
  • gondok
  • keganasan atau kanker
  • dan lain-lainnya

Mengenai keluhan yang Anda alami bisa saja berhubungan dengan kondisi gigi Anda. Seperti pada keadaan pembengkakan kelenjar getah bening yang dipicu oleh infeksi disekitarnya baik pada saluran pernapasan maupun pada rongga mulut seperti infeksi gigi dan gusi. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika sudah diperiksakan dan diobati tetapi tidak kunjung sembuh maka kemungkinan belum tertangani semua faktor penyebabnya. 

Perihal pertanyaan Anda, apakah dapat sembuh dengan sendirinya ? tentunya perlu terlebih dahulu diketahui penyebabnya pastinya untuk menentukan peluang tersebut. Umunya jika memang disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, maka, penyembuhannya akan berjalan seiring dengan kesembuhan dari kondisi medis yang mendasarinya seperti infeksi gigi misalnya. Apabila infeksi tertangani pembengkakan dapat mengempis dengan sendirinya. Namun demikian akan berbeda dengan faktor dan kondisi medis lainnya. Ada pula yang membutuhkan tindakan lebih lanjut seperti operasi, untuk penyembuhannya.

Untuk sementara jika nyeri, Anda dapat konsumsi obat pereda nyeri golongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek, mengonsumsi air rebusan jahe dan perbanyak menngonsumsi bawang putih. Ada baiknya untuk memeriksakan diri kembali, baik keluhan gigi maupun pembengkakan pada bawah dagu Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri utama pitting edema adalah ketika bagian tubuh ditekan, perlu waktu lebih lama untuk kembali ke bentuk semula

Pitting Edema pada Ibu Hamil, Tanda Ada Penumpukan Cairan

Perubahan pada masa kehamilan dapat menyebabkan penumpukan cairan yang disebut pitting edema. Kondisi ini jadi mengkhawatirkan apabila berdampak hingga ke wajah, mata, dan tangan.