Diatas bibir terdapat bintil berair

SL Info Penanya: SL, Wanita, 26 Tahun
Dok ni aku lagi sakit , diatas bibir bendol2 berair gitu , kuning kek nanah , ini udah berapa kalinya kumat . tapi aku gak tau itu alergi atau ap _?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SL,

Timbulnya bintil berair di area sekitar bibir bisa timbul dikarenakan beberapa hal seperti:

  • Reaksi alergi bisa dipicu oleh penggunaan produk perawatan atau kosmetik, alergi makanan, terkena debu atau alergen lainnya
  • Infeksi kulit akibat virus seperti herpes baik herpes simplex ataupun herpes zoster
  • Infeksi bakteri pada kulit seperti jerawat, bisul ataupun impetigo
  • Peradangan kulit
  • Gigitan serangga

Untuk itu jika keluar cairan, hindari untuk menggaruk atau memecahkannya. Bersihkan menggunakan kassa bersih agar luka tetap kering dan bersih. Setelah itu periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Karena pengobatan nantinya akan diberikan sesuai dengan apa pemicunya. Contohnya jika karena bakteri akan diberi antibiotik minum atau yang obat oles, begitu juga jika penyebabnya adalah virus maka akan diberi obat antivirus baik minum atau oles.

Hindari menggunakan kosmetik ataupun produk perawatan untuk sementara jika kemungkinan penyebabnya juga adalah reaksi alergi. Jika timbul keluhan lain seperti demam, rasa perih atau panas, bintil makin banyak atau meluas maka perlu segera diperiksakan agar segera ditangani. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta bisa menimbulkan kerusakan saraf, apabila tidak segera ditangani

5 Fakta Kusta, Penyakit yang Penularannya Seakan Tak Kasat Mata

Penyakit kusta adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penderita kusta bisa mengalami gangguan pada saraf, kulit, mata, dan bagian dalam mukosa hidung. Berikut 5 fakta tentang penyakit kusta.