Diare saat haid, apakah normal?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, mau tanya, saya kalau lagi haid sering diare, kenapa ya, dok? Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Menjelang haid, seorang wanita akan mengalami premenstrual syndrome berupa mudah emosional, payudara terasa lebih sensitif, perut kembung, dan pada beberapa wanita bisa timbul keluhan diare atau susah BAB.

Sehingga keluhan diare ketika sedang haid yang Anda alami merupakan hal yang masih wajar. Menjelang menstruasi tubuh akan melepas hormon prostaglandin yang akan menyebabkan kram perut, dan pada beberapa orang hormon ini juga mempengaruhi gerak usus, baik berupa lebih aktif sehingga muncul keluhan diare atau lebih lambat sehingga muncul sembelit/ susah BAB.

Yang perlu diperhatikan adalah mencegah dehidrasi ketika Anda sedang diare dengan memperbanyak konsumsi air putih. Anda bisa mengonsumsi pisang, minuman dengan kandungan probiotik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya diare ketika haid. Selain itu Anda juga perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah, olahraga secara teratur untuk melancarkan haid.

Bila keluhan berlangsung secara terus menerus, atau haid Anda tidak teratur, maka segera konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, wanita mengalami kram perut saat dalam masa PMS

Tips Meringankan Gejala PMS yang Datang Setiap Bulan

PMS adalah suatu proses normal dialami oleh wanita yang mengalami menstruasi. Sebagian wanita mengalami gejala PMS pada masa subur, seperti kram perut dan nyeri sendi. Mesikipun penyebab PMS belum diketahui, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejala PMS. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila gejala PMS dirasa terlalu menganggu aktivitas.