20 Dec 2020, 08:11Perut

Bagaimana mengobati diare?

AB
Info Penanya: AB0
Aslamamualaikium dok ko saya kena diare g sembuh" udah 5 hari sesekali mendingan perut ko berasa melilit y. Solusi dn bantu nasehat harus beli obat apa y dok
195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A,
Buang air besar yang tidak normal dan memiliki dengan konsistensi yang cair, dapat disebut diare jika sudah dialami lebih dari 4x dalam sehari dan  berlangsung selama beberapa hari. Diare akut adalah diare selama satu hingga dua hari, dan diare kronik adalah  diare yang dialami lebih dari 14 hari. Diare dapat disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit, serta makanan atau minuman yang terkontaminasi. Namun diare kronis biasanya disebabkan oleh penyakit yang lebih serius seperti penyakit Crohn.
 
Gejala diare adalah BAB cair lebih dari 4x sehari, nyeri dan kram perut, kembung, dan dapat diikuti mual maupun muntah. Diare dapat menyebabkan banyak kehilangan cairan dengan cepat kemudian terjadi dehidrasi. Penyebab diare yang lain adalah :
  • Intoleransi makanan
  • Alergi
  • Reaksi terhadap obat
  • Rotavirus
  • Operasi kantong empedu atau perut
  • Kanker usus besar
 
Selama diare, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit untuk mencegah dehidrasi, contohnya dengan mengkonsumsi oralit. Minum 2 tablet diatab setiap diare, namun jika sudah memadat (konsistensi lunak dan ada ampas) minum 1tablet saja dan hentikan obat jika sudah tidak bab lagi. Konsumsi juga antasida 3x sehari sebelum makan. Namun jika diare tidak kunjung berhenti meskipun sudah mengkonsumsi obat ini dalam 3 hari, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Anda mungkin memerlukan pengobatan menggunakan Antibiotik untuk menyembuhkan diare Anda.
Salam sehatdr. Evelin Kwandang
 
diaresakit perutperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil