Diare dan buang air besar berdarah?

VD Info Penanya: VD, Wanita, 27 Tahun
Dokter mau tanya , klo sakit perut diare udah 3 hari sampai pupnya berdarah knp ya dok, trus obat apa yg harus diminum?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VD, 

Diare adalah buang air besar dengan konsistensi cair dan bisa lebih dari 3 kali dalam 24 jam. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari infeksi saluran pencernaan, keracunan makanan, kondisi psikis dan lainnya. Jika diare disertai bab darah bisa timbul karena beberapa kemungkinan, bisa terjadi adanya infeksi seperti disentri atau infeksi amoeba, adanya diarea disertai wasir ataupun kemungkinan lain.

Jadi ada baiknya segera periksakan diri, nantinya bisa dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan mulai dari lab darah, pemeriksaan sampel feses dan pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Nantinya penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya, jika karena disentri akan diberikan antibiotik khusus. Penting untuk menjaga asupan cairan dimana jika timbul tanda dehidrasi ataupun jika diare hebat dan disertai muntah terus menerus perlu dilakukan penanganan di rumah sakit untuk mencegah dehidrasi. Untuk meredakan diarenya bisa konsumsi attapulgite sesuai dosis anjuran dan juga bisa konsumsi oralit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DH
31 Jan 2020, 20:36
Dokter anak saya sering diare berulang...Dari kecil pakai sufor, setelah sufornya dihentikan diarenya berhenti...kemarin anak saya makan roti coklat kambuh lagi diarenya. Itu knapa ya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari makanan penyebab diare agar Anda tidak mengalami inkontinensia tinja

Apa Saja Makanan Penyebab Diare yang Harus Anda Hindari?

Diare umumnya disebabkan karena bakteri. Makanan yang sering menjadi penyebabnya adalah makanan cepat saji, kembang kol, bumbu pedas, pemanis buatan, dan kafein.