03 Dec 2020, 17:56Perut

Diare dan pusing mual setelah kehujanan

DM
Info Penanya: DM0
Dok saya mau bertanya, malam saya hujan hujan terus minum kopi disisi lain saya habis minum kopi terus hujan hujan lagi, terus saya malemnya gak bisa tidur, paginya saya sering kencing dan diare, terus habis itu perut saya serasa di tusuk jarum, terus mau makan gak mood, terus aku minum air dingin, abis itu saya minum soda,, nah perjalanan kurang lebih 20 menitan terus saya makna,,, pas makan kenapa ko malah kepala saya pusing dan malah diare sampe 4 kali, jadi badanku lemas... Ini penyakit apa?
226 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DM,Diare adalah keluhan pencernaan dimana terjadi perubahan feses menjadi lebih lunak sampai cair dan juga frekuensi buang air besar yang menjadi lebih sering lebih dari 3 kali dalam 24 jam. Penyebab diare sendiri beragam seperti:
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Keracunan makanan
  • Alergi makanan
  • Peradangan saluran pencernaan
  • Konsumsi makanan tertentu atau minuman tertentu seperti misalnya minuman bersoda, berkafein, susu

Cara mengatasi diare

Untuk mengatasi diare yang dialami bisa dengan cara memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi, Anda juga bisa mengonsumsi oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar, perbanyak istirahat, minum obat pereda diare seperti attapulgite tablet setiap buang air besar dan perhatikan asupan makanan dan minuman agar menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu diare atau rasa tidak nyaman diperut.Jika pusing dan badan lemas bisa salah satunya akibat gangguan pencernaannya dan juga tanda kekurangan cairan. Apabila keluar keringat dingin, tampak pucat, lemas maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
diaremasalah pencernaandehidrasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil