Diare dan Nyeri Perut Setelah Mengganti Susu Formula

DA Info Penanya: DA, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya anak saya usianya 2thn sebelumnya konsumsi asi tpi stelah 2thn krg sebulan kmrn saya sudah mensapinya dengan ksh susu formula.Dari beberapa susu yg saya kasih byk penolakan dri si anak,tpi setelah saya beri susu lacto grow 3 ini dia suka & selama mengkonsumsi susu ukuran 180gr tidak ada masalah dok..tapi sekarang"baru terlihat seperti tidak cocok krna sehari ini sudah 2x diare setelah minum susu tsb & perutnya selalu minta di beri minyak..kalo begitu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, DA

Pada saat mengganti merk susu formula bisa menimbulkan efek samping seperti kotoran menjadi lembek dan nyeri perut. Terutama bila anda mengganti tipe sufor, misalnya dari hypoallergenic ke susu biasa. Masing-masing sufor ada perbedaan dari segi rasa, protein dan lemak. Akibatnya poop anak anda bisa berubah warnanya (misalnya hijau karena ada kandungan zat besi), berubah konsistensinya menjadi keras / lunak, perubahan ini sebetulnya tidak mempengaruhi kesehatan bayi anda.

Ada juga yang mengandung hydrolyzed protein untuk anak dengan alergi susu sapi, dapat menyebabkan BAB lebih sering. Diare adalah bila BAB cair lebih dari 3x dalam 24 jam. Harus diskusi dengan Dokter Spesialis Anak karena dapat mengakibatkan dehidrasi.

Pergantian sufor tidak perlu dilakukan secara bertahap untuk mencegah efek samping seperti diare. Anda juga tidak perlu mencampur atau selang seling antara sufor lama dengan yang baru. Asal sufor tersebut masih dalam kategori yang sama.

Mungkin juga anak anda yang tidak kuat terhadap susu sapi (lactose intolerance). Lactosa adalah gula yang terdapat di susu sapi dan produknya sulit dicerna oleh tubuh. Gejala selain diare adalah mual, kembung, nyeri perut dan gas.

Untuk mengatasinya bisa dengan minum pengganti susu sapi seperti soy atau almond. Coba berikan makanan padat bersama produk susu sapinya (seperti sereal dengan susu).

Bila keluhan belum teratasi atau ada keraguan, diskusi langsung dengan Dokter Spesialis Anak langganan ibu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

 

 

DA
24 Jul 2019, 16:55
Sehari ini untuk sufor nya hanya saya kasih 1x itupun dgn takaran yg lbh sdkt dari biasanya..tapi msh dgn sufor yg sama dok..& pup nya pun normal tdk seperti kmrn yg lbh cair namun tdk srgApakah dgn kondisi seperti ini masih boleh tetap di lanjutkan ya dok sufornya?Terimakasih dok utk jawabannya yg kemarin.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari makanan penyebab diare agar Anda tidak mengalami inkontinensia tinja

Apa Saja Makanan Penyebab Diare yang Harus Anda Hindari?

Penyebab diare tidak hanya karena bakteri dan virus, tetapi juga dapat dikarenakan makanan. Makanan-makanan tertentu bisa menimbulkan diare dan bahkan beberapa makanan tersebut sebenarnya cukup sering kita lihat di rumah maupun supermarket seperti makanan cepat saji, makanan yang berbumbu pedas, bawang bombay dan masih banyak lagi.