Diare dan mules sedikit, kemudian menstruasi kembali setelah 18 hari. Kira-kira kenapa ya?

DD Info Penanya: DD, Wanita, 21 Tahun
Kemarin saya sempet diare tapi gak begitu banyak ..cuman mules" gitu ? Terus hari ini saya trdapat darah ...ntah menstruasi lagi atau tidak padahal baru menstruasi stlh 18 hari ...kira kira knpa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DD

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan diare sedikit dan mules biasanya karena sesuatu yang dimakan dan kurang cocok di pencernaan. Bisa karena makanannya terlalu berbumbu atau berminyak. Sehingga pencernaan Anda berusaha mengeluarkannya dengan BAB lebih lembek disertai perut melilit. Sementara makanannya yang lunak dan tidak terlalu berbumbu agar lebih mudah dicerna.

Pada wanita muda atau remaja seringkali haid belum teratur. Kadang bisa lebih cepat, kadang bisa lebih lambat atau kadang terlewat sebulan. Tidak perlu terlalu khawatir, yang penting haid tidak lebih dari 1 minggu dan jumlah darah menstruasi masih dalam batas wajar. Bila timbul demam atau nyeri sekali barulah Anda perlu memeriksakan diri dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebabnya karena organ kandungan Anda masih adaptasi dan berkembang. Begitu pula kadar hormon Anda belum stabil. Dengan bertambahnya usia atau sesudah melahirkan anak pertama, siklus haid akan lebih teratur. Berikut saya lampirkan artikel mengenai gangguan menstruasi yang bisa terjadi untuk referensi Anda. Jangan lupa makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan hindari stres.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.