31 May 2021, 15:42Penyakit Lainnya

Diare dan demam, apa saja penyebabnya?

BC
Info Penanya: BC0
Sore dok saya mau bertaya tadi pagi waktu saya kerja saya mengalami diare dan setibanya pulang kerja badan saya terasa sangat panas dan dingin dan diare disertai kepala pusing mata berat untuk melihat dan otot otot pun terasa lemas untuk digerakan Gejala apa yang sedang saya alami?
280 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, BTerima kasih atas pertanyaan AndaDiare adalah kondisi saat feses atau tinja memiliki konsitensi cair. Kondisi ini biasanya disertai dengan beberapa keluhan penyerta seperti nyeri perut, demam, lemas, dan lain sebagainya. Diare dengan BAB berulang kali dan kurangnya asupan cairan, bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Beberapa penyebab dari diare  beragam mulai dari keracunan makanan, infeksi saluran pencernaan, atau karena kondisi medis lainnya.Demam adalah kondisi saat suhu tubuh seseorang lebih dari 37.5 derajat cecius saat dilakukan pengukuran dengan termomter suhu badan. Demam bisa terjadi karena tubuh sedang melawan virus/bakteri/zat lain yang sedang menyerang. Umumnya demam akan membaik dalam kurun waktu beberapa jam hingga beberapa hari. tetapi jika demam tidak membaik dalam 3 hari sebaiknya lakukan pemeriksaan agar mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Demam disertai diare, kenapa?

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, keluhan diare disertai demam bisa terjadi terjadi kerana beberap apenyebab seperti keracunan makanan, demam tifoid, peradangan pada usus, infeksi sauran pencernaan atau karena kondisi medis yang lainnya. Untuk itu, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk mendapatkan tatalaksana dan pengobatan yang sesuai.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah:

  • Konsumsi makanan bergizi
  • Hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung
  • Jaga kebersihan diri
  • Konsusmi obat penurun demam seperti parasetamol bila diperlukan
  • Minum air putih agar tidak dehidrasi terutama setelah BAB
  • Jika BAB berulang kali, atau tubuh terasa lemas, segeralah ke IGD RS terdekat
Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
demamdiaremasalah pencernaandemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil