18 Dec 2020, 14:08Kulit & Kelamin

Selaput dara wanita

DA
Info Penanya: DA, Wanita, 1 Tahun
Permisi dok.. Saya ingin bertanya.. Selaput dara tebal dan bolongan nya sangat kecil dok.. Jadi yg saya harus lakukan agar selaput dara saya normal apa dok?? Trima kasih..
321 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam DA,Selaput dara adalah bagian pada organ kewanitaan berupa lapisan jaringan di mulut vagina. Selaput dara sendiri sangat bervariasi bentuk dan elastisitasnya. Selaput dara sendiri memiliki lubang dimana jika tidak terdapat lubang atau disebut imperforasi selaput darah dapat menyebabkan masalah menstruasi.Salah satu masalah menstruasi yang bisa terjadi tidak mengalami menstruasi sampai usia remaja karena darah menstruasi tidak bisa keluar dari vagina. Gejalanya sendiri bisa beragam seperti:
  • Rasa nyeri perut
  • Gangguan buang air kecil
  • Sakit punggung
Apabila saat ini mengalami masalah menstruasi yang tidak lancar atau sering kali menstruasi bisa tidak selalu berkaitan dengan selaput dara, bisa karena masalah hormonal ataupun faktor lainnya.Jika memiliki selaput dara yang lubangnya kecil disebut mikroperforasi selaput dara. Untuk mengatasinya perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, nantinya bisa dilakukan tindakan untuk membuang kelebihan jaringan dan membuat lubang selaput dara bisa berukuran normal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan organ intimkelamin perempuanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil