Diagnosis dan Perawatan Testis Tidak Turun

HW Info Penanya: HW, Pria, 2019 Tahun
Sore Dok, saya punya anak Laki" baru umur 19 bulan, dan baru sadar saya cek telur testis ada 1 Dok, apakah yg 1 blm turun atau bagaimana?cara penangannya gmn Dok?Langkah bagaimana yg harus saya ambil sekarang? Terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, HW

Ketika bayi laki-laki berkembang dalam kandungan, testis dibentuk di dalam perut. Sesaat sebelum lahir akan turun ke kantung skrotum. Pada beberapa bayi, satu atau kedua testis tidak turun ke tempat seharusnya. Bisa tertahan di perut atau daerah panggul. Testis yang tidak turun bisa sehat dan berfungsi dengan baik.

Bila sampai dengan usia 6 bulan testis belum turun, sudah waktunya anda diskusikan dengan Dokter Spesialis Anak anda.

Masalah yang bisa timbul bila testis tidak turun adalah tidak berfungsi dengan baik dan bisa mengakibatkan kemandulan atau gangguan lainnya.  Tatalaksanya hanya dengan tindakan operasi dengan tujuan untuk memindahkan testisnya ke dalam skrotum. Pada kasus satu buah testis yang tidak turun biasanya saat dewasa tidak ada problem kesuburan.
  Semoga informasi dari saya bermanfaat Salam Sehat,dr. Andre Zaini
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.